Pola Makan Sehat Untuk Menstimulasi Otak Balita

Pola Makan Sehat Untuk Menstimulasi Otak BalitaAda fakta yang cukup mengejutkan bahwa 4 dari 5 ibu yang memiliki anak balita, tidak mengerti menu makanan apakah yang harus diberikan kepada buah hatinya, terutama di saat usia 0 – 5 tahun pertama. Para Ibu kebanyakan beranggapan asal ada unsur karbohidrat, vitamin, mineral dan protein sudah cukup sehat lah makanan untuk anak mereka. Namun secara persis mereka tidak mengerti komposisi seperti apakah yang terbaik untuk makanan buah hatinya.

Asam amino esensial sangat penting untuk otak. Ada dua asam amino yang mempengaruhi kerja otak yaitu :

  • Asam Amino Tritofan.
  • Asam Amino Tirosin.

Asam amino Tritofan berasal dari karbohidrat menstimulasi senyawa tubuh yang berfungsi sebagai penenang bagi saraf otak, membuat saraf menjadi santai dan akhirnya menyebabkan ngantuk.

Asam amino Tirosin yang berasal dari protein menstimulasi senyawa tubuh yang merangsang otak untuk tetap terjaga, menyebabkan konsentrasi tetap baik.

Makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, gandum dan ketela pohon, sedangkan yang mengandung protein adalah daging tanpa lemak, telor, ikan, dan tempe.

Adalah baik mengatur pola makan sesuai dengan aktifitas yang akan dilakukan setelah makan. Bila anda merencanakan untuk tidur setelah makan maka perbanyaklah porsi karbohidratnya dan sebaliknya bila anda memerlukan otak yang selalu siaga setelah makan maka perbanyaklah porsi proteinnya atau makan terlebih dahulu makanan yang mengandung protein sebelum mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini dilakukan agar asam amino hasil pencernaan protein dapat mencapai otak mendahului asam amino hasil pencernaan karbohidrat.