Tips Mengatasi Kulit Perut yang Gatal Pasca Operasi Caesar

Cara yang Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Perut Gatal Pasca Operasi CaesarSemua ibu hamil menginginkan persalinannya berjalan lancar dan normal. Namun tidak semua proses persalinan berjalan normal sesuai dengan keinginan.

Sebagian para ibu hamil persalinannya melalui cara operasi caesar dikarenakan kondisi untuk melahirkan secara normal tidak memungkinkan seperti kondisi bayi yang sungsang atau demi keselamatan ibu dan bayi.

Operasi yang dikenal secara medis sectio Caesarea yaitu melahirkan janin dengan sayatan di dinding rahim dan memerlukan perhatian khusus dalam penyembuhan pasca operasi.

Loading...

Beberapa ibu seringkali mengeluhkan terjadinya gatal di sekitar luka yang berada di perut pasca operasi, amankah untuk menggaruknya atau justru merupakan tanda abnormal yang terjadi pasca operasi caesar?

Operasi caesar merupakan salah satu teknik melahirkan melalui jalan operasi. Langkah medis ini dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi ibu dan janin. Pasca operasi sering kali dilakukan beberapa cara untuk memulihkan kondisi kebugaran.

Pertama kali dilakukan setelah operasi caesar adalah menjalani program rawat inap, bahkan beberapa kasus yang sering kali disertai penundaan makan dikarenakan usus belum berfungsi.

MENARIK:  Fungsi dan Dampak Hormon Pada Masa Kehamilan

Ibu yang telah melalui proses persalinan sebaiknya melakukan perawatan khusus seperti beberapa mediasi berminggu minggu. Selain harus rajin check up anda juga dapat berkonsultasi apabila seringkali menemukan masalah pasca persalinan.

Masalah pasca persalinan yang seringkali dihadapi adalah kulit gatal pasca operasi caesar. Pada sebuah penelitian yang dilakukan bahwa kulit perut yang gatal pasca operasi mungkin saja terjadi dan ini dinilai normal saja. Rasa gatal dapat terjadi dikarenakan pada saat proses operasi dilakukan proses pemotongan saraf-saraf dan ketika mulai terhubung kembali maka akan menimbulkan rasa gatal yang dialami di area luka bekas operasi caesar.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi kulit perut yang gatal pasca operasi caesar :

1.   Jangan menggosok di area luka

Meskipun rasa gatal itu mengganggu anda akan tetapi sebaiknya anda jangan buru buru panik, dikarenakan rasa gatal yang timbul dapat menjadi petanda sinyal kesembuhan pada luka bekas operasi caesar anda. Hindari menggosok area luka pada perut sebaiknya anda hanya mengelus secara perlahan di sekitar area luka saja.

MENARIK:  Gangguan Kelainan Pada Masa Kehamilan

2.   Gunakan sabun Mild

Anda dapat menggunakan sabun yang mild dari sabun biasa yang anda gunakan untuk mandi, dengan sabun yang lembut dan memberikan kelembapan pada kulit maka akan mengurangi rasa gatal di area luka pasca operasi caesar.

3.   Lakukan aktivitas ringan

Untuk membantu mempercepat penyembuhan operasi caesar maka anda dapat melakukan beberapa latihan seperti senam nifas atau latihan relaksasi khusus ibu setelah bersalin untuk mengurangi rasa gatal yang berlebih pasca persalinan. Olahraga ini akan membantu anda dalam mempercepat aliran darah dan membuat bugar meskipun demikian konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

4.   Konsultasikan apabila rasa gatal tidak hilang lebih dari enam bulan

Apabila anda masih merasakan rasa gatal lebih dari enam bulan maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama dari rasa gatal pada area bekas operasi caesar. Dengan demikian bisa langsung diberikan penanganan khusus sesuai resep dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...