Latihan Senam Kegel Baik Untuk Wanita Hamil

Latihan Senam Kegel Baik Untuk Wanita HamilSenam kegel semula dikembangkan sebagai cara untuk mengendalikan keinginan buang air kecil atau besar disaat menjelang melahirkan bagi perempuan hamil. Senam ini diciptakan oleh Arnold Kegel, seorang Dokter di Los Angeles pada tahun 1940-an.

Seiring berkembangnya kebutuhan dan setelah diketahui bahwa terdapat manfaat lain dari senam kegel ini, maka kemudian senam kegel dikembangkan menjadi sebuah senam yang bisa membuat otot-otot di bagian bawah tulang panggul atau di sekitar kemaulan menjadi lebih kuat.

Latihan Kegel ini juga dapat disebut dengan olahraga panggul. Dan fungsinya melatih otot otot vagina dan sekitarnya (perineal) agar lebih kuat saat persalinan nanti dan saat pasca lahir. Latihan kegel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Posisi dasar dan latihan Kegel

Loading...

Catatan : posisi terlentang ini hanya dianjurkan pada saat usia kehamilan sampai 4 bulan, jika diatas 4 bulan keatas lakukan saat duduk, berdiri atau buang air kecil.

  • Berbaring terlentang, lutut ditekuk dan buka kaki kira kira 30 cm dan telapak kaki menyentuh lantai.
  • Gunakan bantal untuk menyangga pundak dan kepala anda, letakan tangan mendatar di samping tubuh.
  • Untuk latihan kegel tegangkan-otot otot di sekitar anus dan vagina. Tahan selama mungkin (sebagai awalan cobalah tahan 8 -10 detik), kemudian lemaskan otot dan relaks.
  • Lakukan setidaknya pengulangan sebanyak 25 kali pada waktu yang berbeda sepanjang hari.
MENARIK:  Yang Di Maksud Syok Dalam Kebidanan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...