Informasi Mengenai Kondisi Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru Lahir

Informasi Mengenai Kondisi Kesehatan Ibu Dan Bayi Baru LahirMelahirkan adalah sebuah proses besar bagi seorang wanita. Dibutuhkan berbagai daya dan upaya untuk melalui proses tersebut,tenaga, pikiran, psikologis, uang bahkan keberanian dan ketulusan. Namun biasanya pengorbanan tersebut pada saat melahirkan akan terbayar tatkala proses melahirkan berjalan dengan lancar dan dengan hadirnya si mungil yang sehat. Rasa bahagia menyeruak tatkala setelah perjuangan yang melelahkan, kini hadir dalam dekapan ibu seorang bayi, harapan keluarga semua.

Ketika bayi lahir ke dunia, tentu rasa bahagia tak terkira. Peran baru telah menanti, yakni menjadi seorang ibu. Namun, rasa gamang mulai menghantui, dapatkan menjadi ibu yang baik bagi bayi mungilku? Pertanyaan lain, mengapa kulit bayiku merah? Rambutnya kok gundul atau bahkan lebat sekali? Mengapa kepalanya besar? Mengapa bayiku kuning?
Beberapa informasi mengenai kesehatan ibu dan bayi baru lahir dan anak terangkum di bawah ini :

1.   Kondisi Ibu Dua jam pertama.

Dokter atau bidan akan memantau perkembangan ibu selama 2 jam pertama, apakah mengalami pendarahan atau tidak. Disarankan ibu untuk tidak banyak bergerak dulu.

2.   Jahitan.

Jahitan paska melahirkan terutama di bagian vagina harus tetap di jaga kebersihannya. Gunakan sabun yang sesuai untuk membersihkan.

3.   Minum Air Putih.

Perbanyak minum air putih akan menghindari dari rasa sembelit. Usai melahirkan ibu akan sulit BAB. Untuk itu berbanyak minum, sayuran dan makan buah-buahan.

4.   Susah Tidur.

Istirahat yang cukup akan mempercepat proses pemulihan. Batasi tamu yang berkunjung melihat anda dan bayi. Jika bayi tidur, cobalah ikut tidur agar badan segar kembali. Kurang tidur menyebabkan darah tinggi.

Adapun Kesehatan Bayi yang Baru Lahir adalah sebagai berikut :

1.   Kulit Merah.

Terlihat jelas jika bayi menangis, kulitnya akan memerah, bahkan ada yang kebiruan. Kondisi ini bersifat sementara.

2.   Rambut.

Ada yang lahir dengan rambut gundul (tipis) dan ada yang lebat. Rambut bayi ini bersifat sementara, perlahan akan rontok dan digantikan dengan rambut baru secara bertahap.

3.   Kepala Besar.

Cara mengejan ibu akan mempengaruhi bentuk kepala bayi. Namun, bentuk kepala bayi akan normal sediakala sekitar 2 minggu.

4.   Kuning.

Kulit bayi sedikit menguning sekitar 3 hari pertama. Namun, tak perlu risau, hal ini disebabkan oleh pemecahan hemoglobin (sel darah merah) dalam jumlah tinggi untuk pengangkutan oksigen.

Setelah mengetahui informasi kesehatan ibu bayi baru lahir dan anak diharapkan calon ibu akan lebih siap menghadapi paska melahirkan.