Mitos Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Air Kelapa Adalah Salah Satu Mitos Bagi Ibu HamilPernahkan Anda mendengar mitos mengenai air kelapa untuk ibu hamil? Mitos kehamilan mengenai ibu hamil dan air kelapa muda, Anda mungkin sering mendengar bagaimana khasiat air kelapa muda bagi kehamilan. Beberapa ada yang mengatakan agar bayi memiliki kulit bersih, lebat rambutnya dan jernih matanya, bahkan yang menyebutkan untuk kelancaran ketika persalinan nanti.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran mengenai khasiat air kelapa muda tersebut. Namun yang pasti, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat bermanfaat bagi ibu hamil.

Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kandungan Gizinya.

1.   Protein.

Air kelapa memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein air kelapa adalah 0,72 gram tiap 100 gram air kelapa. Kandungan protein tersebut cukup tinggi mengingat kebutuhan protein manusia rata-rata hanya 1 gram protein per hari.

2.   Serat.

Air kelapa merupakan minuman yang kaya akan serat. Air kelapa setidaknya mengandung 1,1 gram serat tiap 100 gram air kelapa. Manusia memerlukan 18 gram serat per hari. Mengkonsumsi air kelapa cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.

3.   Kalsium.

Air kelapa mengandung 24 mg kalsium tiap 100 gramnya. Mengkonsumsinya mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian anda.

4.   Antioksidan.

Air kelapa merupakan minuman yang kaya akan antioksidan. Air kelapa mengandung karbohidrat, magnesium, vitamin C serta B yang berguna sebagai antioksidan. Air kelapa dapat membantu kesehatan ibu hamil.

Air Kelapa untuk Ibu Hamil.

1.   Antitoksik.

Air kelapa untuk ibu hamil dapat berguna sebagai penawar racun. Air kelapa mengandung asam lauric yang juga terdapat pada asi. Asam lauric ini dapat menawarkan racun dalam darah sehingga mengurangi timbulnya penyakit untuk ibu hamil maupun bayi yang dikandung.

2.   Melancarkan saluran kemih.

Infeksi saluran kemih sering terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya mudah, yaitu dengan meminum air kelapa. Air kelapa baik untuk membersihkan saluran pencernaan sehingga dapat membantu mempercepat keluarnya racun dalam tubuh.

3.   Elektrolit alami.

Air kelapa berfungsi sebagai elektrolit alami. Air kelapa memiliki keseimbangan yang sama dengan darah kita dengan kandungan kalium, protein, mangan, serat serta vitamin C yang berperan untuk menjaga stamina dan daya tahan ibu hamil.

4.   Mencegah kram kaki.

Ibu hamil sering sekali mengalami kram kaki. Kram kaki disebabkan oleh kurangnya kalium. Air kelapa merupakan minuman yang memiliki kadar kalium yang tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya kram kaki.

Mitos mengenai air kelapa ternyata memang benar. Air kelapa untuk ibu hamil dapat membantu menyehatkan, ibu dan bayi serta menguatkan kandungan. Air kelapa mengandung banyak zat yang mampu melancarkan proses kehamilan. Air kelapa untuk ibu hamil sangat disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.


2 Komentar Pembaca untuk “Mitos Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

  1. zat besi kan fe . malah disarankan .. saya bidan koo . karna fe mencegah anemia pada ibu hamil … malah kalau ibu hamil kekurangan fe . bisa banya komplikasi yg terjadi

  2. kebetulan saya ahli Gizi, menurut yg saya pelajari bahwa pada saat hamil minum air kelapa harus dibatasi karena air kelapa banyak mengandung zat besi yang bagi ibu hamil harus dibatasi karena dapat mempengaruhi kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *