Memakai Bra Saat Tidur Dapat Memicu Kangker Payudara

Jangan Memakai Bra Bila Anda Sedang Tidur Apakah Anda terbiasa ? Sejumlah pakar merekomendasikan untuk melepas bra selama tidur malam. Ini bermanfaat memberi kesempatan payudara untuk bernapas setelah berjam-jam terikat.

Anda mungkin kerap mendengar anggapan bahwa pemakaian bra saat tidur dapat memicu munculnya kanker payudara. Untuk mengetahui kebenarannya, dr. Febriansyah, SpOG. menjelaskan bahwa tidak ada hubungan antara mengenakan bra saat tidur dengan munculnya kanker payudara, wanita boleh saja mengenakan bra saat tidur asal jangan kenakan bra yang berkawat, karena model bra seperti ini membuat payudara tertekan. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengenakan pakaian dalam saat tidur agar aliran darah lancar, tubuh menjadi lebih rileks, dan terasa lebih bugar saat bangun tidur.

Menurut dr. Utami, salah satu dokter di salah satu Puskesmas di Indonesia, penggunaan bra ketika tidur tidak serta merta menjadi penyebab utama terjadinya kanker payudara. Penggunaan bra yang ketat dan berkawat saat tidur bisa menimbulkan adanya benjolan-benjolan kecil di payudara karena adanya tekanan. Benjolan tersebutlah (biasanya merupakan kelenjar lemak yang membengkak karena tekanan kronis) yang merupakan salah satu pemicu munculnya kanker payudara bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk mengidap kanker, sedangkan untuk mereka yang tidak memiliki kecenderungan (salah satunya dari faktor genetika) kemungkinan tersebut kecil, dan benjolan tersebut dapat hilang secara berangsur-angsur.

Begitu pula dengan mitos seputar pria. Anggapan bahwa pria yang mengenakan celana dalam saat tidur bisa menyebabkan kemandulan itu tidak benar. Febriansyah menyarankan sebaiknya para pria tidak mengenakan celana dalam ketat saat tidur. Hal ini bertujuan agar tidak ada tekanan pada alat kelamin dan aliran darah lancar.

Pria boleh saja mengenakan celana saat tidur, tapi pilihlah model celana longgar misalnya celana boxer. Baik pria maupun wanita, tidur hendaknya mengenakan pakaian longgar atau tidak terlalu ketat. “Wanita yang mengenakan celana dalam terlalu ketat, sirkulasi udara pada vaginanya bisa terganggu. Hal ini dapat menimbulkan masalah keputihan,” kata Febriansyah.

Selain harus longgar, hendaknya pria maupun wanita mengenakan pakaian yang mampu menyerap keringat. Sebab, di saat tidur, tubuh kita berkeringat. “Jangan mengenakan pakaian berbahan polyester karena bahan ini tidak menyerap keringat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *