Tanda-Tanda Keguguran Ibu Hamil

Selalu Memeriksakan Kandungan Untuk Menghindari KeguguranSetiap kali membicarakan masalah keguguran, wanita menjadi takut dan enggan untuk membicarakannya karena hal itu akan meninggalkan dampak yang mendalam pada dirinya. Tetapi apa yang di maksud dengan keguguran, apa saja penyebab keguguran, tanda-tanda keguguran, dan mungkin makanan penyebab keguguran, dll? mungkin sederetan pertanyaan itu menjadi hal yang penting dan bahkan menjadi pertanyaan besar bagi anda yang sekarang sedang hamil. Harapannya, dengan mengetahui hal-hal di atas, masalah keguguran bisa di hindari.

Pengertian keguguran merupakan keluarnya janin sebelum waktu dia mampu hidup di luar kandungan (usia janin belum mencapai dua puluh minggu dalam kandungan). Dengan proses keguguran ini, berarti berakhir pulalah proses kehamilan itu.

Keguguran atau yang sering di sebut abortus ini dibagi menjadi 2 bagian :

  • Keguguran spontan yang merupakan berakhirnya proses kehamilan karena janin keluar (tidak disengaja) sebelum usia janin 22 minggu.
  • Keguguran yang disengaja atau dalam istilah kedokteran disebut Abortus provocatus. Artinya mengeluarkan janin dengan sengaja di mana janin belum mampu bertahan di luar kandungan.

hal ini bisa jadi karena tindakan medis, misalnya karena kondisi ibu & janin akan berbahaya jika janin tidak dikeluarkan atau karena penyakit tertentu. Selain itu bisa karena tindakan kriminal, misalnya karena akibat hubungan seks bebas, korban perkosaan, dll.

Tanda-Tanda Keguguran.

Biasanya akan ada tanda-tanda keguguran sebelum proses keguguran itu terjadi. Tanda-tanda keguguran antara lain :

  • Terjadi Kram atau Kejang pada Perut.

Tanda keguguran ini hampir sama dengan yang seperti terjadi pada kram perut pada saat mau menstruasi. Biasanya kejang perut ini terjadi secara berulang dalam jangka waktu yang relatif lama. Kram/kejang perut ini juga bisa terjadi di sekitar daerah panggul.

  • Pendarahan.

Pendarahan merupakan tanda keguguran yang paling biasa terjadi. Pendarahan ini berupa hanya bercak darah yang terjadi dalam waktu lama hingga terjadi pendarahan yang hebat. Malah kadang ada bagian jaringan yang ikut keluar bersama darah.

  • Rasa Sakit Dan Nyeri.

Tanda-tanda keguguran yang lain adalah rasa sakit dan nyeri di bagian bawah perut, bisa juga di bagian selangkangan dalam jangka waktu yang lama

Jika anda mulai merasa tanda-tanda keguguran seperti di atas, sebaiknya anda segera pergi ke Rumah Sakit. Semoga dengan tindakan yang cepat dan tepat, hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Baca juga tentang penyebab keguguran


11 Komentar Pembaca untuk “Tanda-Tanda Keguguran Ibu Hamil

  1. mbak istri saya mengalami semua gejala diatas. tapi saya belum sempat coba cek ke dokter, apa mbak punya tanda2 gejala lebih lanjut?

  2. saya sdang hamil.
    tpi sya mrsakan kram dbgian prut brkpanjangan,skit dannyeri di bwah prut. tpi sya tdk mnglami pndrhan.
    itu knpa ya

  3. saya mirna saya mau bertanyaa kalok di saat melakukan hubungan seks keluar darah dan gumpalan hitam ap itu tanda keguguran atau hamil?

  4. saya bru mengalami keguguran complete..masaalahnya saya tidak mengetahui saya hamil memandangkn saya regular menses. Saya tidak ada tanda hamil seperti morning sicknes dll. bolehkh bagi pendapat supaya saya boleh mengetahui saya hamil

    1. mbak saya mia berumur 27 tahun, saya baru mengalami keguguran dan di kuret, tp sudah 50 hari saya masih mengeluarkan bercak – bercak coklat bahkan terkadang sampai wrnanya kehitaman, terkadang banyak terkadang sediki, saya sudah konsul ke dokter di mana saya di kutet, tp haya di beri obat saya dan sampai sekarang tidak ada reaksi perubahan dan masih pengeluarkan bercak kecoklatan. saya harus bagai mana y mbak?

  5. umur sayaa 21 thn sya kgguran,tp knmp rsa di perut begitu mual ,sering muntah,tp sya belum pernah periksa kedokter stlh hmil ap yg hrus sya lakukan rsa sakit di perut begitu sakit,tidur punsusah

  6. nama saya widya saya keguguarn dah 3 kali
    1.usia kandungan 9 minggu
    2.usia kandungan 8 minggu
    3.usia kandungan 18 minggu
    jarak kandungan yg k2 n k3 cuma 3bln
    ketiga d lakukan tindakan kurtase
    saya pengin mint pendapat biar bsa hamil lg tanpa mengalami keguguran lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *