Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Terbaik

Bayi Tidur Lelap Dengan AmanPemilihan tempat tidur bayi memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan bayi, karena sebagian besar waktu pertumbuhan bayi terjadi saat bayi sedang tidur. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang dalam memilih tempat tidur bayi, sehingga bayi dapat tidur dengan nyaman. Selain itu, ketika bayi tertidur dengan nyaman, hal ini juga dapat memberikan waktu yang banyak bagi orang tua.

Dalam pemilihan tempat tidur bayi, selain faktor kenyamanan, juga harus diperhatikan faktor keselamatan bayi. Banyak kasus bayi mengalami cedera akibat terjatuh dari tempat tidur, keracunan akibat bahan material tempat tidur dan berbagai kasus lain yang bisa menimbulkan bahaya bagi bayi berkaitan dengan tempat tidur bayi ini. Selain itu harus diperhatikan pula mengenai apakah bayi akan tidur bersama anda hingga mandiri?, atau ditempatkan di ranjangnya sejak lahir?, ditempatkan di kamar khusus kah?, selain itu harus diperhatikan mengenai hubungan dengan anggota keluarga yang lain (jika ada) misal dengan kakaknya dan faktor lainnya yang perlu anda perhatikan.

MENARIK:  Nutrisi Tepat Agar Bayi Sehat Dan Cerdas

Tempat tidur bayi merupakan salah satu faktor, tidur anak kita tidakah sama dengan tidur kita. Bagi balita, waktu tidur bukan sekadar waktu istirahat, tapi juga waktu penting untuk pertumbuhannya. Selain itu tidur bagi balita/bayi kita juga sangat mempengaruhi sistem kekebalan (immune system), mempengaruhi fungsi memori anak, metabolisme tubuh, dll.

Loading...

Ketika tidur di malam hari, organ tubuh si kecil memproduksi dan melepaskan sejenis hormon tertentu tiga kali lebih banyak dibandingkan ketika ia terjaga. Jika pola tidurnya terganggu, proses ini juga otomatis akan terganggu. Karena itu, penting bagi Bunda untuk membantu membentuk pola tidur si kecil.

Anak yang kurang tidur akan mengalami kerentanan daya tahan tubuh dan iregulasi sistem endokrin. Bahkan, ini bisa berpotensi menjadi pencetus obesitas. Secara kognitif, ia juga akan lebih lambat bereaksi dan sulit berkonsentrasi. Jika ia sudah mulai sekolah, tentu ini akan berdampak buruk pada performanya di kelas. Inilah mengapa penting bagi Bunda untuk membentuk pola tidur yang baik pada diri anak.

MENARIK:  Ciri-Ciri Bayi Yang Kekurangan Gizi

Tempat Tidur Bayi yang terbaik apakah termasuk faktor yang membuat nyaman tidur?

Untuk itu, Bunda perlu mencari tahu terlebih dulu, faktor – faktor apa saja yang mengganggu tidurnya. Apakah ia merasa tubuhnya kotor atau tidak segar, apakah ia lapar, apakah bajunya tidak nyaman, apakah suasana di sekitarnya terlalu bising, atau apakah dia mengalami gangguan kesehatan seperti asma dan alergi. Jika demikian, konsultasikan ke dokter agar si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Namun, jika si kecil bebas dari gangguan kesehatan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Bunda ambil untuk membantu membentuk pola tidurnya sehingga bisa membuat balita anda tidur nyaman :

  • Mandikan dia dengan air hangat.
  • Pastikan perutnya dalam keadaan kenyang sebelum tidur.
  • Pakaikan baju tidur yang lembut dan nyaman.
  • Pijat bayi sangat bermanfaat untuk memperbaiki pola tidur bayi di samping meningkatkan ikatan (bonding) orang tua dan bayi/balita.
  • Nyanyikan lagu pengantar tidur atau bacakan dongeng dengan suara pelan.
  • Biarkan dia menggenggam mainan kesayangannya.
MENARIK:  Susu Formula Dapat Memicu Obesitas Pada Bayi

Semoga tips ini bermanfaat buat bunda yang ingin membentuk pola tidur yang baik untuk bayi/balita kita dengan memilih hal yang tepat untuk tempat tidur bayi


4 Komentar Pembaca untuk “Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Terbaik

  1. Anakku umur 2 stgh thun.kalo malam tidurnya sampe larut mlm.pdhal suasanany udh tenang,bahkan sepi.udah tak ksih baju Tΐ∂ů®®º°˚˚°º yg nyaman.udah maem sampe kenyang.tp msih aja ga mau Tΐ∂ů®®º°˚˚°º smpe mlam bgt.maunya main trus.apa sbabnya ya dok?dan bgmana solusiny?

  2. dok..
    aq mau tanya sekarang usia anak aq 10 bulan, anak aq lagi batuk berdahak…
    cara mengobati batuk berdahak gimana ya dok…???
    batuk berdahak pengaruh tidak dengan IQ pada baby…??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...