Manfaat Besar Imunisasi Bagi Bayi Dan Anak

Manfaat Besar Imunisasi Bagi Bayi Dan AnakAnda pasti sudah sering mendengar istilah Imunisasi, tapi mungkin Anda belum tahu lebih dalam apakah sebenarnya Imunisasi dan apa manfaat dari Imunisasi.

Imunisasi adalah suatu upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan kuman atau bibit kuman yang telah dilemahkan atau dimatikan kedalam tubuh. dengan memasukan kuman atau bibit penyakit tersebut, tubuh dapat menghasilkan zat anti yang pada saatnya digunakan tubuh untuk melawan kuman atau bibit penyakit penyerang tubuh

Program Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi seseorang dari serangan penyakit yang berbahaya dan juga mematikan khususnya bagi Bayi dan Anak-anak. Banyak sekali kematian akibat penyakit bisa dicegah dengan menggunakan Imunisasi ini, akan tetapi banyak orang yang masih meragukan tentang keamanannya. Berikut akan dijelaskan apakah manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak.

Loading...

Imunisasi di Indonesia mulai dikenal oleh masyarakat pada tahun 1970 dimana saat itu yang ditarget tentu saja Bayi dan Anak-anak. Ya, pemberian Imunisasi pada Bayi ini bertujuan agar tidak rentan terkena penyakit sejak dini sehingga ketika tumbuh Dewasa, Bayi tersebut bisa hidup dengan sehat dan aktif. Sejak dulu, Imunisasi ini pada dasarnya bertujuan untuk membangkitkan kekebalan tubuh yang ada didalam tubuh manusia sehingga mampu menepis penyakit berbahaya yang akan menyerang tubuh, tanpa menimbulkan efek samping atau pun efek berbahaya lainnya.

Ada beberapa penyakit infeksi yang cukup berbahaya dan bisa dicegah dengan baik oleh Imunisasi ini, di antaranya : Penyakit Polio, Campak, Hepatitis A, Hepatitis B dan juga Tetanus. Memang tidak semua penyakit ini membahayakan jiwa manusia, akan tetapi jika tidak diberikan Imunisasi untuk mencegahnya maka kejadian seperti cacat tubuh sangat mungkin untuk terjadi. Nah untuk lebih jelasnya mengenai Imunisasi.

MENARIK:  Ibu Menyusui Dengan Keadaan TBC dan Hepatitis B

Manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak :

1.   Menghindarkan Bayi dari Serangan Penyakit.

Tentu saja seorang Ibu atau Ayah yang mengikutkan anaknya dalam program Imunisasi ingin agar anaknya kebal dari berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya dan menular. Ya, dengan melakukan Imunisasi sejak dini ini akan memberikan Bayi kehidupan yang sehat hingga dirinya tumbuh menjadi dewasa dan juga aktif.

2.   Memperkecil Kemungkinan Terjadinya Penyakit Menular.

Dengan memberikan Imunisasi pada sang Bayi, maka Anda sudah menambah jumlah manusia yang memiliki kekebalan tubuh tinggi terhadap penyakit. Sehingga apabila jumlahnya semakin banyak, kemungkinan besar sangat sedikit penyakit menular yang masih berkeliaran di luar sana. Tentunya Anda sebagai Orang Tua bisa bernafas lega karena Anda tidak perlu khawatir dengan Anak Anda yang hobi bermain di luar atau bersosial dengan yang lainnya.

3.   Meningkatkan Kesehatan Nasional.

Manfaat Imunisasi ini selain bisa menghindarkan para Bayi dan Anak-anak dari penyakit menular juga bisa meningkatkan taraf kesehatan nasional. Ya, semakin banyak Anak yang sudah diberikan imunisasi maka akan semakin memperkecil penyakit untuk menyebar dimanapun termasuk taraf nasional. Apabila Imunisasi ini dibudayakan oleh semua orang maka bukan tidak mungkin jika mereka pun yang belum di Imunisasi secara lengkap bisa merasa aman dari penyakit tersebut. Dan tentunya ini akan sangat menyenangkan bukan?

MENARIK:  Obat Biang Keringat Pada Bayi

Begitu besar Manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak Anda, jadi apakah saat ini Anda masih meragukan program Imunisasi yang sangat direkomendasikan oleh para Ahli Kesehatan ini? Boleh saja Anda masih ragu dan takut efek sampingnya karena memang Imunisasi menggunakan obat-obatan yang bersifat kimia, akan tetapi ada baiknya Anda mengkonsultasikan permasalahan ini dengan para Dokter ataupun Ahli Kesehatan, sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan penjelasan yang baik dan Anak Anda juga tidak terlambat dalam pencegahan penyakit.


7 Komentar Pembaca untuk “Manfaat Besar Imunisasi Bagi Bayi Dan Anak

  1. Imunisasi hanya untuk kepentingan pihak kesehatan internasional saja untuk menjual produk vaksin yg keuntunganya bisa mencapai miliaran dolar pertahun. Intinya sebelum mereka membuat produk vaksin pasti mereka membuat virusnya terlebih dahulu. Lalu setelah itu mereka membuat vaksinnya untuk di jual. tuhan bisa menciptakan alam semesta ini dengan sempurna tetapi menciptakan manusia dengan kelemahan pisik, masa tuhan bodoh sih.? Itu ulah manusianya aja yang jahat.

  2. Di satu sisi, ada rasa ketakutan klo anak tidak di imunisasi. Di sisi lain, tetangga saya yg anaknya seumur dengan anak saya tidak di imunisasi sampai sekarang (2 SMP) baik-baik saja. Saudara saya (anak paman) lengkap imunisasi, namun pada usia 7 tahun mengalami lumpuh otak akibat demam tinggi. Alhamdulillah karena tidak terlambat ke RS sehat kembali. Kalau melihat dari kejadian anak paman, dimana letak peran imunisasi ini? Thx

  3. Imunisasi?? Tuhan tlh mncptkan manusia sebaik2 bntuk “kholaqnal insana fi ahsani taqwim”…tntu tuhan gk lupa dberi kethanan tubuh yg ideal jstru ktka ad prgram imunisasi mncul bnyk pnyakit..sy lebh pcy pd alamiah.

  4. bukankah justru setelah ada pemberiian virus yang katanya dilemahkan dengan sebutan imunisasi ini malah banyak penyakit bermacam macam…?
    kenapa untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi harus dimasukan virus penyakit,bukan biarkan saja secara alami tubuh si bayi ini meresponya toh paati bayi punya kekebalan tubuh yang hebat…?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...