Pentingnya Suplemen Untuk Pertumbuhan Anak


Pentingnya Suplemen Untuk Pertumbuhan AnakSuplemen atau makanan tambahan bisa berupa vitamin, mineral atau zat gizi lainnya. Perlukah suplemen diberikan bagi si kecil? Mungkin si kecil tidak memerlukan tambahan suplemen karena selera makannya yang baik, atau menu hariannya yang lengkap dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Suplemen makanan untuk anak merupakan makanan kesehatan yang membantu pertumbuhan anak sehat. Suplemen sebagai pengganti zat gizi bagi anak-anak yang kurang zat gizi. Suplemen dianjurkan untuk anak-anak guna menghindari risiko gangguan pertumbuhan anak sehat. Suplemen dapat berupa multivitamin. setiap suplemen yang mengandung multivitamin akan membantu sistem pencernaan anak yang kurang nafsu makan.

Proses tumbuh kembang anak selalu menjadi perhatian bagi orang tua yang benar-benar peduli pada kesehatan dan pertumbuhan anak mereka. Banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya jarang makan, dan kurang gizi. Umumnya anak kecil sulit sekali untuk makan, mereka selalu menyukai makanan yang mereka sukai, biasanya anak kecil menyukai makanan jajanan yang mengandung pengawet, tentunya sebagai orang tua selalu resah setiap jajanan yang dimakan oleh anak. Sehingga para orang tua mencari solusi untuk membantu anaknya supaya nafsu makan, yang mereka lakukan tidak lain memberikan suplemen makanan untuk anak.

Suplemen makanan untuk anak akan membantu kesulitan yang dialami oleh orangtua yang mempunyai anaknya kurang makan. ada juga anak yang sering makan tetapi kurang gizi, kita sebagai orang tua harus memperhatikan kandungan yang ada dalam makanan tersebut, ingat suplemen makanan bisa didapat dari buah-buahan, dan sayur-sayuran, dimana sayuran yang baik untuk bayi adalah mengandung vitamin dari mulai vitamin A-E. Tidak semua anak membutuhkan makanan yang mengandung zat gizi besar, yang mereka butuhkan hanya rasa yang enak, dan manis. oleh karena itu kita harus pandai-pandai mencari suplemen makanan untuk anak yang berupa permen, biasanya anak kecil menyukai suplemen yang berupa permen misalnya multivitamin C. multivitamin ini akan membantu anak anda untuk nafsu makan, sebagai daya tubuh anak, multivitamin bisa diberikan bila asupannya tidak terpenuhi.

Pemberian suplemen untuk anak sangat mempengaruhi pada pertumbuhan anak sehat dan kecerdasan anak . suplemen makanan anak yang baik yaitu makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi.Salah satu suplemen makanan yang bisa dipilih adalah yang bisa membantu anak untuk tetap prima tidak mudah cepat lelah, aktif, dll. sebelum memberikan suplemen kepada anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikan suplemen yang memang khusus untuk anak dan mudah dimakan dan kandungan zat-zat gizi dalam suplemen makanan.

Suplemen makanan yang fungsinya sebagai nutrisi makanan dan sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak sehat.Kebanyakan orang tua umumnya mengambil suplemen dari sejumlah jenis multivitamin. orangtua memberikan anaknya multivitamin karena khawatir anaknya tidak mendapatkan nutrisi yang tepat atau ingin melindungi anaknya dari berbagai penyakit. Hal lain yang harus diperhatikan orangtua dalam memberikan multivitamin untuk anaknya adalah dosis vitamin dan mineral yang terkandung dalam multivitamin tersebut.

Pertumbuhan anak tetap terjaga jika nutrisinya lengkap dan pola makannya teratur. Perhatikan juga bagaimana perkembangan serta pertumbuhan anak sehat atau tidak sehat, untuk mengetahui apakah anak memang membutuhkan tambahan mulvitamin atau tidak. pilihlah suplemen yang aman buat anak anda. Pertumbuhan anak sehat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup yang idealnya bisa didapat dari menu harian yang bergizi lengkap dan seimbang. Untuk menjaga kecukupan asupan gizi anak, di tengah pola makan anak yang tidak sehat, suplemen dapat menjadi pilihan.


8 Komentar

  1. memang perlu yah… apalagi utk nutrisi perkembangan otaknya.

  2. gmna ya cara nya agar buah hati ku,,,bisa gemuk kyak dulu soal nya sekarang berat badan nya berkurang,,bkan bertambah dan nafsu mkan nya jga berkirang,…

  3. baby saya usia nya masuk 7 bulan, waktu usia 1 bulan pernah dikasi DHA for baby berupa minyak ikan oleh Dr. SPA. bisa ga ya saya berikan ke baby saya sekarang ini dan beli diapotik terdekat tanpa resep dari dokter SPA? minta saran nya donk bun….

    • baby smp umur 6M hanya butuh asi aja bun,ga perlu vit tambahan,jadi nya bukan asi eksklusif dong bun..
      utk vitamin sebaiknya setelah umur 1thn,klo anak dbawah umur 1thn lbih baik konsul dok dulu bun

  4. Anak saya umurnya 16 bulan berat 7,9 susah makan dan minum susunya sedikit .. Kalau mo tidur dikasi asi pagi siang dikasi sgm .. Mohon masukannya. Makasih

    • minum ZINC untuk anak dari GREEN WORLD bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak.membanu merangsang pertumbuhan anak serta menjaga dan menutri kulit serta kepala dari dalam tubuh.

  5. anak saya umurnya 1,4bln tidak mau mkan,dan belum bisa jln,mohon masukan nya supaya anak saya nafsu makan nya bertambah dan biar cepat jln,terima kasih

  6. Saya baru membaca artikel ini…Ibu saya butuh saran donk anak saya berumur 6 tahun dan 4 tahun badannya kurus dan sering sakit2an tp saya slalu kasih vitamin untuk mrka.Apakah vit mrka ga cocok ya?butuh bantuan kira2 multivitamin apa yg bagus untuk menambah daya tahan tubuh dan agar doyan makan..Trimakasih

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>