Buah Yang Baik Untuk Bayi


Buah Yang Baik Untuk Bayi Dan Anak AndaBuah-buahan sangat baik untuk bayi, tapi tidak semua buah-buahan. Di kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik untuk bayi yang dapat membantu daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan gigi dan juga pertumbuhan fisik lainnya.

Jika anda mencari referensi tentang aneka buah sehat untuk makanan bayi, yang ada di dalam benak pastilah buah-buahan yang halus tekstur dan kekenyalannya seperti pisang dan pepaya. Padahal, ada banyak sekali buah-buahan yang bisa anda berikan pada si buah hati karena kandungan gizinya yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Bolehkah Memberi Apel, Anggur, Kiwi dan Mangga Kepada Bayi?

Apel merupakan buah yang kaya antioksidan dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah yang banyak disukai orang di seluruh penjuru dunia ini juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi. Kandungan vitamin ini menjadi sebab mengapa konsumsi apel dapat membantu melawan serangan penyakit dari luar. Apel boleh diberikan saat bayi sudah cukup umur untuk makan dan mencerna makanan padat. Jangan memilih apel yang masih keras, sebab ini hanya akan membuat bayi tersedak.

Bagaimana dengan anggur, kiwi dan mangga? Ketiganya boleh juga diberikan. Anggur mengandung banyak vitamin dan kalsium. Mencampurkan anggur yang sudah dihaluskan dengan makanan lain bisa menjadi pilihan yang baik. Bayi juga butuh asupan serat, potasium dan folat, dan ini bisa didapat dengan mengkonsumsi kiwi. Rasanya yang asam menandakan bahwa buah ini juga sangat kaya akan vitamin C. Untuk asupan vitamin K, mangga adalah sumber terbaik. Buah ini juga mengandung vitamin C.

Buah jeruk tidak hanya digemari oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Untuk bayi, jeruk hanya boleh diberikan saat usianya diatas 6 bulan. Jeruk mengandung kalium, kalsium dan berbagai macam vitamin terutama vitamin A dan C. Buah ini juga kaya akan serat dan asam folat. Saran penyajian terbaik adalah berupa sari buah jeruk yang diperas lalu disaring. Selain itu, anda juga bisa menjadikannya sebagai pemanis untuk aneka bubur buah.

Buah lain yang bisa diberikan untuk bayi anda adalah tomat. Ini baru bisa dilakukan saat bayi sudah berusia diatas 8 bulan dan tomat sendiri merupakan buah yang kaya protein, kalium, serat, natrium, magnesium, asam folat, vitamin A dan fosfor. Jika anda memberikan jus tomat, campurkan sedikit air jeruk agar lebih segar. Selain itu, anda juga bisa membuatnya menjadi saus tomat dan mencampurnya dengan bubur sayuran dan kentang. Dari beberapa contoh aneka buah sehat untuk makanan bayi diatas, manakah yang paling disukai buah hati anda?




6 Komentar

  1. mau nanya nih..bunda…!!! brp kali maksimalnya baby usia 7 bln itu dikasi makan…?

  2. mau nanya nih..bunda…!!! jus apel itu boleh nggak dikasi sama baby usia 7 bln..??? salam thanks.

  3. mau naya dong bunda,,,,!!!! jus apel itu bisa nggak dikasi sama baby usia 7 bln? salam thanks….

  4. MAu tanya dong..

    bolehkan buah naga diberikan untuk anak 8 bulan.

  5. hi bunda, anakku usia 8 bln 2 minggu. yang mau saya tanyakan knp anakku setiap mengkonsumsi makanan sprti jus, makan bubur, minum susu langsung buang air besar? sehingga berat badannya sedikit sekali bertambah tiap blnnya. apa yg menyebabkan itu terjadi dan gmn cara mengatasinya?
    Terima kasih,

    Salam.

  6. Yulia ayu wicaksono says:

    Maaf mau tanya niih,,,
    Buah kiwi boleh tidak di berikan pada bayi USIA 6 bula????

Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>