5 Cara Membuat Anak Suka Makanan Yang Sehat


5 Cara Efektif Membuat Anak Suka MakananMasa pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh makanan. Berbagai macam makanan mengandung zat gizi penting. Sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa diberikan pada anak Anda. Namun cara pemberiannya juga perlu diperhatikan.

Pola makan sehat untuk anak bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat energi, mengasah pola pikir bahkan suasana hati anak Anda. Saat televisi berlomba-lomba menayangkan bermacam-macam makanan instan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua agar anak Anda tetap memilih makanan sehat.

Anak-anak, terutama yang berumur antar 5 sampai 12 tahun sudah bisa mengembangkan pilihannya masing-masing secara alami berdasarkan makanan yang mereka nikmati. Jadi, tantangannya adalah membuat makanan sehat ini menjadi lebih menarik. Tentunya tidak mudah membuat anak Anda memilih sebuah apel daripada kue coklat kering.

Dorongan anak untuk meniru sangat kuat, sehingga penting bagi Anda bertindak sebagai panutan bagi anak-anak Anda. Tak ada gunanya meminta anak Anda untuk makan buah dan sayuran saat Anda sendiri lebih suka makan keripik kentang dan soda.

5 Cara membuat anak suka makanan yang sehat :

1.   Jadwalkan acara makan bersama.

Menyadari bahwa makan malam disajikan pada jam yang sama setiap malam dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga akan memberikan kenyamanan dan meningkatkan napsu makan. Sarapan merupakan waktu yang tepat untuk acara makan bersama keluarga, terutama karena anak-anak yang makan sarapan cenderung lebih berprestasi di sekolah.

2.   Masak makanan lebih sering di rumah.

Makanan yang dimasak di rumah lebih sehat bagi seluruh keluarga dan memberikan contoh yang bagus untuk anak-anak tentang pentingnya makanan sehat. Makanan restoran cenderung memiliki lebih banyak lemak, gula, dan garam. Simpan acara makan di luar untuk acara-acara khusus.

3.   Libatkan anak-anak dalam menyiapkan makanan sehat.

Anak-anak menikmati membantu orang dewasa, dalam hal ini berbelanja bahan makanan, memilih apa yang akan mereka makan dan menyiapkan makan malam. Ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengajarkan mereka tentang nilai-nilai gizi dari makanan yang berbeda, dan cara membaca label makanan bagi anak-anak yang lebit tua.

4.   Buat berbagai camilan sehat dengan gizi seimbang.

Gunakan banyak buah, sayuran, makanan ringan gandum, dan minuman sehat (air, susu, jus buah murni) dan permudah akses sehingga anak-anak terbiasa meraih camilan sehat bukan makanan ringan kalori kosong seperti soda, keripik, atau kue kering.

5.   Batasi ukuran porsi makanan Anak.

Jangan paksa anak Anda untuk membersihkan piring, dan jangan pernah menggunakan makanan sebagai hadiah atau suap.


1 Komentar

  1. terima kasih infonya..
    menarik banget, langsung di terapin ini mah :)

Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>