Intra Uterine Device Untuk Mencegah Kehamilan

Intra Uterine Device Untuk Mencegah KehamilanIntra Uterine device (IUD) adalah alat kecil berbentuk T terbuat dari plastik dengan bagian bawahnya terdapat tali halus yang juga terbuat dari plastik. Sesuai dengan namanya IUD dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Pemasangan bisa dengan rawat jalan dan biasanya akan tetap terus berada dalam rahim sampai dikeluarkan lagi. IUD mencegah sperma tidak bertemu dengan sel telur dengan cara merubah lapisan dalam rahim menjadi sulit ditempuh oleh sperma.

Mekanisme Kerja.

IUD Andalan akan mencegah pelepasan sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Selain itu mengurangi mobilitas sperma agar tidak dapat membuahi sel telur serta mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Loading...

Komposisi.

Batang plastik berbentuk T berukuran 3 cm dengan balutan tembaga seluas kurang lebih 380 mm2.

Kualitas.

IUD Andalan efektif mencegah kehamilan hingga 99,4% apabila dipasang sesuai dengan prosedur oleh bidan atau dokter terlatih.

Keunikan.

  • Sangat murah dan efisien karena cukup sekali pemakaian yang dibantu oleh tenaga medis.
  • Pilihan kontrasepsi non hormonal jangka panjang yang minim efek samping.
  • Efektif mencegah kehamilan selama 10 tahun.
  • Cepat mengembalikan kesuburan, sehingga dapat segera hamil jika diinginkan.
  • Tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.
  • Efektif mencegah kehamilan ektopik.
MENARIK:  Obat Untuk Mencegah Kehamilan

Efek Samping.

Secara umum, efek samping yang timbul tidak akan bersifat permanen. Efek samping hanya akan bersifat sementara tergantung dari penerimaan tubuh terhadap IUD. Efek samping yang bersifat sementara tersebut antara lain :

  • Perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama pemakaian.
  • Pembengkakan panggul bisa terjadi setelah terkena infeksi penyakit kelamin.
  • Tidak memberikan perlindungan terhadap IMS dan HIV dan AIDS.

Penting untuk diperhatikan.

  • Anda hanya perlu sekali dalam setahun untuk datang ke dokter atau bidan untuk memeriksakan keberadaan IUD Anda.
  • Pemasangan IUD harus dilakukan oleh tenaga medis yang telah dilatih.
  • IUD dapat dipasang segera setelah melahirkan, setelah plasenta keluar.
  • Kapan saja bisa dipasang tidak harus sedang haid asalkan Anda tidak sedang hamil.


22 Komentar Pembaca untuk “Intra Uterine Device Untuk Mencegah Kehamilan

  1. saya pasang iud, kata dokter mesti ganti 4 tahun kemudian,sekarang udah 4tahun saya mw ganti tp byk bidan yg bilang iud itu rata2 7 tahun baru ganti…..sy mw tanya emang ada iud yg 4tahun,namax iud apa?

  2. Assalamualikum bu bidan,
    saya pasang IUD baru 1 bulan, biasanya saya ngecek benang sendiri dan benang emang teraba oleh jari ya seperti meraba benang, tapi tadi pagi saya cek kok yg teraba kaya ujung benangnya, apakah posisi benang nya berubah? dan masih amankah?

    Terimakasih sebelumnya 🙂

  3. mohon penjelasannya bu,,,saya sdah 10 blan ini memakai IUD tpi bru sja dtng buln stelah ank sya umur 8 bln.yg sya mau tanyakan,knp stiap mw datang blan bagian v sya sakit knp ya bu???
    mohon penjelasannya

  4. Saya pke iud sudah 3xbulan kalo mau menstruasi 2hari sebelumnya mesti badan meriang dulu bagian panggul nyeri hebat sampai kaki.ap tandanya iud saya ada masalah ya?

  5. saya memasang IUD stelah dpat 2 bulan pasca melahirkan, stelah memansang IUD ktanya mncul flek smpai 4 hari, tp sya tdk demikian bu, stlah flek 4 hari slsai. Sya langsung mens 1 minggu lbh.. Apkah it efek dr benda asing d dlm rahim?..
    Trus perut sya akhir” in jg sering mules bu, sprti saat prtma memasang kb IUD,
    apakah it normal bu?…
    Mohon pnjelasanNya bu, trimakasih.

    1. Normal bu, itu efek dari UID. tapi tidak apa-apa. Hanya sebuah penyesuaian dari jasmani kita. beberapa mengalami sedikit tidak nyaman ketika “bercinta”.

  6. saya baru aja pemasangan KB utk IUD
    baru seminggu,tp knp miss V saya berbau ga enak dan keputihan kental byk banget
    apakah,,,ada yg salah dg pemasangan IUD saya?
    mohon penjelasanya

    1. Saya pakai IUD sudah 4 bulan setelah melahirkan, skrg saya mengalami keputihan kental berwarna putih kekuning2an dan berbau tdk sedap, apakah itu akibat IUD atau faktor lain. Mohon penjelasannya

  7. mau tanya ni buuu..
    saya sudah 1 tahun menggunakan IUD, awalnya memang tdk ada keluhan appapun, tapi 2 bulan terakir ini setelah haid pasti sya mengalami keputihan tapi bercmpur bercak darah dn agak sedikit berbau apakah itu wajar, sya sudah knultasi pada bidan dn katanya tidak apa btu..
    mohon pejelasannya

  8. bu,mau tanya saya pake IUD, tp saya sakit badan stngah pada prsndian. apakah efek dari IUD atau dr yg lain?..mohon jawabannya. trima kasih.

  9. Bu’, apakah IUD memang bnar2 tdk bisa lepas. Karna ada seoarng bidan yg kbetulan memakai alat tsb, namun stelah 1th alat tsb bergeser. Sehingga sperma membuahi rahim.

  10. Sya ♍åu tnya dok, istri sya dlu prng ϑΐ koret 2mngu stlh itu dy melakukan iud..tpi sya 1bln sja kurang lbh stlah ϑΐ lepas iud y K̶̲̥̅̊и̲̮̣̥̅̊ρ̥̥ dy smpai skrng ssh hamil mksh,

  11. Saya Pakai IUD sudah hampir 3 bulan,saya di Pasang IUD waktu cesar.sudah sesar saya pendarahan selama 40 hari,apakah saya tidak cocok pake IUD sehingga pendarahan lama? tapi alhamdulilah gak ada keluhan apa2. t0l0ng jawab pertanyaan saya

  12. Saya juga pernah mengalami pamasanga IUD pasca melahirkan, sampai sesudah nifas saya masih pendarahan sampai 2 minggu sesedah nifas, setelah saya lepas IUD nya, pandarahan nya langsung berhenti..
    Kenapa saya bisa pendarahan seperti itu ya , apa karna saya tdk cocok memakai IUD ??

    Mohon jawaban nya , bila yg mengetahui , trim’s..

  13. apakah pemasangan iud pada saat operasi caesar aman, mengingat keluhan saya pada pemasangan dibarengi saat operasi caesar mnegalami mules yg berkepanjangan, sakit dibagian atas daerah v dan sering terjadi flek, hal ini berbeda dg yg pernah saya alami saat pemasangan ebulan setelah melahirkan, mohon informasinya bila mengetahui.. terimakasih.

    1. Mau tanya bu….belakangan ini saya sering merasa sakit kepala migren, tensi saya 80, muka saya jd berjerawat, gampang stress….
      Apakah semua itu ada kaitan nya dengan KB IUD yg saya pake 6 bln belakangan ini?
      Terimakasih….

    2. Pertanyaan saya sama dengan pertanyaan ibu desi,apakah pemasasangan iud pada saat oprasi caesar aman,karena sudah 1 bulan sejak selesai nifas saya masih flek.
      mohon informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...