Obat Kontrasepsi Susuk KB Atau Implant


Obat Kontrasepsi Susuk KB Atau Implant Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama bagi wanita, meskipun tidak selalu diakui demikian. Peningkatan dan perluasan pelayanan keluarga berencana merupakan salah satu usaha untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu yang sedemikian tinggi akibat kehamilan yang dialami oleh wanita.

Banyak wanita harus menentukan pilihan kontrasepsi yang sulit, tidak hanya karena terbatasnya jumlah metode yang tersedia tetapi juga karena metode-metode tertentu mungkin tidak dapat diterima sehubungan dengan kebijakan nasional KB, kesehatan individual dan seksualitas wanita atau biaya untuk memperoleh kontrasepsi.

Susuk KB atau implant adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil, sebesar korek api-lah kira-kira. Didalamnya terkandung hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit.

Dosis.

Norplant terdiri dari 6 kapsul silastik, dimana setiap kapsulnya berisi levornorgestrel sebanyak 36 mg. Sedang Implanon terdiri 1 kapsul silastik yang berisi etonogestrel sebanyak 68 mg, yang dilepas tiap hari kurang lebih 30 microgram/hari.

Cara kerja Implant.

Dengan disusupkannya 6 kapsul/1 kapsul silastik implant di bawah kulit, maka setiap hari dilepaskan secara tetap sejumlah leveonorgestrel ke dalam darah melalui proses difusi dari kapsul-kapsul yang terbuat dari bahan silastik. Besar kecilnya levonogestrel yang dilepas tergantung besar kecilnya permukaan kapsul silastik dan ketebalan dari dinding kapsul tersebut.

Satu set Implant yang terdiri dari 6 kapsul dapat bekerja secara efektip selama 5 tahun. Sedang Implanon yang terdiri dari 1 kapsul dapat bekerja secara efektip selama 3 tahun.

Cara kerja dalam pencegahan kehamilan.

Dengan dilepaskannya hormon levonargestrel secara konstan dan kontinyu maka cara kerja implant dalam mencegah kehamilan pada dasarnya terdiri atas 3 mekanisme dasar yaitu :

  • Menghambat terjadinya ovulasi.
  • Menyebabkan endometrium tidak siap untuk nidasi.
  • Mempertebal lendir serviks.
  • Menipiskan lapisan endometrium.

Efektifitasnya.

Efektifitasnya sangat tinggi, kegagalannya teoritis 0,2%, dalam praktek 1 – 3%.

Keuntungan Implant.

  • Tidak menekan produksi ASI.
  • Praktis, efektif.
  • Tidak ada faktor lupa.
  • Masa pakai panjang.
  • Membantu mencegah anaemia.
  • Khasiat kontrasepsi susuk berakhir segera setelah pengangkatan.
  • Dapat digunakan oleh ibu yang tidak cocok dengan hormon estrogen.

Kekurangan Implant.

  • Implant harus dipasang dan diangkat oleh petugas kesehatan yang terlatih.
  • Petugas kesehatan harus dilatih khusus.
  • Implant mahal.
  • Implant sering mengubah pola haid. karena adanya hormon progesterone yang terkandung di dalamnya, perdarahan ringan diantara masa haid, juga timbul sakit kepala ringan. karena mengandung hormone maka tentu saja akan berpengaruh pada metabolism tubuh. Sama seperti halnya pil atau suntik, tidak jarang pengguna implant yang tidak cocok akan mengalami masa menstruasi yang berbeda-beda.
  • Susuk mungkin dapat terlihat dibawah kulit.

Tindakan sebelum pemasangan.

Perlu diberi konseling  secara mantap untuk peserta KB mengingat pemkaian kontrasepsi yang lama dan harga susuk yang mahal.

Pemasangan implant.

Pemasangan dilaksanakan pada bagian tubuh yang jarang bergerak. Berdasarkan penelitian, lengan kiri merupakan tempat terbaik untuk pemasangan, yang sebelumnya dilakukan anaestesi lokal.

Tahap Pasca tindakan.

  • Peserta KB Susuk sebaiknya menjaga agar daerah sayatan tetap kering minimal selama 3 hari. Untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan infeksi.
  • Lengan akseptor kadang-kadang terasa membengkak dan berwarna kebiru-biruan. Hal tersebut. Biasanya akibat tindakan suntikan atau pemasangan implant dan akan menghilang dalam 3 hari hingga 5 hari.
  • Setelah 5 tahun implant atau 3 tahun untuk Implanon pemakaian, implant dapat dilepas.

Kontraindikasi.

  • Hamil atau diduga hamil.
  • Tumor.
  • Penyakit jantung, kelainan haid, darah tinggi, kencing manis.

Efek samping.

Pada dasarnya keluhannya sama dengan kontrasepsi suntik yaitu :

  • Gangguan haid.
  • Jerawat.
  • Perubahan libido.
  • Keputihan.
  • Peubahan berat badan .
  • dll.

Bila terjadi hal-hal tersebut diatas konsultasikan kepada dokter anda untuk memperoleh konseling dan penanggulangan.


16 Komentar

  1. aku pakai kb implan untuk jangka 3th,tapi selama pakai susuknya saya g pernah haid,terus timbul jerawa di wajah. Terus juga keputihan,apa saya g cocok kb ini??

  2. Slma saya pakai kB ini saya tidak perah mengalami haid. Smpai sekarang .
    Dan sekarng yang saya pikirkan kalo mao dilepas sakit Gaªª ya .

  3. saya sudah 2x ganti b
    kb susuk, yg pertama pasang yg 5 thn tapi aku buka setelah 6thn,itu berapa thn aku nda haid, thn terakhir ada dan tdk.2thn kemudia saya pasang lagi sampai sekarang,dan sama tdk ada haid, saya jadi nda enak dan takut.kalopun ada hanya ngeflek aja. dan mukaku jadinya byk flek .apakah berpengaruh kb dgn flek di wajah saya? dan kalo tdk haid bertahun2,apakah ada efek samping

  4. Pingback: Bahaya Obat Pelangsing Untuk Ibu Menyusui | Obat Herbal Untuk?

  5. sy udah pernah pake kb implan selama 3thn.lalu sy bongkar pasang untuk yg ke dua kalinya setelah 3 hari engga kering2 lalu sy buka perbannya susuknya bisa keluar dgn sendirinya.anehnya lg susuknya cuman ada satu yg satunya engga ada sampe aku penasaran aku rongsen tp hasilnya jg engga ada kemana yah implan yg satunya? sampe skr sy engga KB dan udah setahun ini sy engga dtng bulan.bahaya engga yah…….yg ada sy keputihan dan gatel di bibir kemaluan sy ada pengaruhnya engga dgn inplan itu…..?

  6. saya mau nanyain kalau pakai implant masukin sakit gak? terus kebadan cepat gemuk gak? apakah ada efek sampingnya kalau bawa barang berat? soalnya saya bingung mau pakai kb apa yg cocok dengan saya , pakai pil mual pakai iud tdk bisa karena takut hamil diluar kandungan lagi,kata dokter dianjrkan pakai suntik sama implan saya masih takut. tolong bantu saya mana yg sesuai trim’s

  7. Numpang nanya,kenapa semenjak saya pasang KB implanon waktu haid saya sampai 2minggu bahkan bs lebih lama. Suami jadi kwatir akan kesehatan saya. tolong replay nya and thanks…..

  8. Selama masih kbjgn harap urun mba”…soale aq jga begitu..

  9. Saya pake implant yang pertama 2 bj berhubung yang Satunya kurang masuk maka nonjol keluar akhirnya saya keluarkan saja Dan tinggal 1 saja yang didalam,selama saya pake 3 tahun Tidak Ada masalah Dan haidnya juga teratur.lalu setelah 3 tahun says ganti Dan dipasang 2 bj cuman haid saya Tidak teratur malah kadang haidnya gak datang…..Berart badan saya naik terus Dari 58 sekarang 64 kg.visa gak ya orang KB diet pake obat obat pelangsing

  10. aku pasang implant jangka waktu 3 th,,,udah lebih 2 bulan masih berdarah juga.kenapa ya buk

  11. wiwin yuniar says:

    saya kb implant sudah bongkar pasang ini yang kedua kali nya saya pasang dalam jangka waktu 3 tahun yang saya alami haid saya jadi gak teratur yah dan kalo ngeflek itu bisa hampir 2 mingguan apa ada masalah sama kb yg saya pakai ini

  12. saya kb implant udah 1,5tahun baru kali ini haid saya tidak berhenti-henti hampil sebulan ini……apa ada masalah ya sama kb yang saya pakai ini

  13. saya kb implant 3thn….tp saya haidnya gak teratur .satu blan bisa haid 2kali,kadang berhenti 4hari haid lg.apa saya gak cocok sama kbnya…..

  14. ohh ya saya lupa. apakah ada efek sampingnya pada saya dgn memakai KB Norplant???

  15. saya baru saja pasang kb norplant.di web saudara saya baca 1 snorplant berisi 6 buah susuk dgn lamanya 5 tahun.sedangkan yg dipasang pd saya hanya 2 buah susuk dgn jangka waktu 3 tahun.apakah itu norplant terbaru ya.dan brapa lama penyembuhan luka yg saya alami, dan apabila dikemudian hari saya ingin membukanya apakah sakit?

  16. Pingback: SLOGAN KESEHATAN – konsultasikesehatananda

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>