Ciri-Ciri Bayi yang cacingan


Ciri-Ciri Bayi yang cacinganBayi cacingan jangan sampai diremehkan. Cacingan bisa Bayi cacingan anak baik secara fisik maupun kecerdasannya. Anak cacingan bisa menjadi kekurangan gizi dan mengalami masalah di bagian pencernaan. Oleh sebab itu, penting mengenali gejala anak cacingan sejak awal.

Secara umum, bayi cacingan biasanya sulit sekali mengalami kenaikan berat badan sehingga kalau dibiarkan bisa menyebabkan anak menjadi kurang gizi. Bayi yang terkena cacingan juga sering mengalami diare dan sakit atau nyeri di bagian perut. Tidak hanya itu, anak cacingan bisa juga mengalami anemia karena kekurangan darah akibat diserap oleh cacing terutama cacing tambang. Ciri lain anak cacingan adalah hilangnya nafsu makan dan munculnya rasa lemas serta loyo.

Cacingan merupakan penyakit yang sering menimpa bayi dan balita. Cacingan terjadi karena terinfeksinya tubuh bayi oleh cacing parasit, cacing parasit tersebut diantaranya adalah cacing kremi, cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang. Cacing pada bayi masuk ke dalam tubuh bayi melalui makanan ataupun pori-pori tubuh bayi. Lingkungan yang tidak higienis dan kurangnya memperhatikan kebersihan menjadi faktor terbesar terjangkitnya cacingan pada bayi.

Gejala dan ciri bayi cacingan sebenarnya sangatlah jelas, hal tersebut dapat diketahui dari keadaan tubuh bayi yang tampak terlihat seperti bayi kurang gizi.

Ciri bayi cacingan diantaranya :

  • Bayi akan tampak lesu, lemah, lemas dan terlihat pucat. Hal tersebut dikarenakan cacing pada bayi yang bersifat parasit menghisap darah yang ada pada pembuluh darah bayi.
  • Bayi rewel dan sering terlihat tidak nyaman. Kemungkinan besar penyebab ketidaknyamanan bayi adalah dubur bayi yang gatal. Dubur yang gatal merupakan salah satu gejala cacingan.
  • Ciri bayi cacingan yang sangat khas adalah perut buncit tetapi badannya kurus. Hal tersebut sering menjadikan bayi terlihat seperti bayi kurang gizi.
  • Batuk berkepanjangan. Hal ini dapat terjadi apabila cacing pada bayi telah menginfeksi paru-paru bayi, sehingga mengganggu sistem pernafasan bayi.
  • Gangguan lambung, seperti diare, perut kembung dan susah buang air besar. Hal tersebut terjadi karena cacing pada bayi telah mengganggu metabolisme pencernaan bayi.

Apabila ibu melihat pada buah hatinya ada gejala atau ciri bayi cacingan seperti ulasan di atas, maka sebaiknya ibu segera periksakan bayi ke dokter anak. Agar bayi dapat tertangani dengan baik oleh medis. Penanganan yang sering dilakukan dokter untuk mengatasi cacingan adalah dengan pemberian obat sirup anak anti cacingan. Janganlah ibu menyepelekan cacingan karena infeksi cacing pada bayi yang dibiarkan akan terus meluas pada tubuh bayi, hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan tubuh, dan menjaga sanitasi lingkungan. Selain itu asupan nutrisi untuk bayi juga perlu diperhatikan seorang ibu, karena bayi kurang gizi sangat rentan terkena cacingan.


10 Komentar

  1. susi kurniawati says:

    Anak saya berumur 2th beratnya 10kg.Nafsu makannya kurang,bhkn bisa tdk mkn seharian. BABnya ada cacingnya. Apakh anak sy cacingan? Bgmn solusi agar anak sy bisa lahap makannya?

  2. ank saya 2 bln sekrng aktifitasnya semakin berkurang dan minum asi nya sedikit terus lemas dan tertidur apakah itu juga tanda2 cacingan

  3. dok,, bayi sya brumur 9 bln, , brat bdanya kurang, , tidak ada ciri-ciri cacingan sprt pnjlsan d atas, krn bayi sya mknya sngat lhab, BAB nya pun bagus dan lncar tp mngapa y dok brat bdsnya kok kuranh.?? mhon pnjlsanya

  4. Siswidyarko says:

    anak saya 16 bulan,aktifitas apa yang bisa menambah tumbuh kembangnya…

  5. anak saya 16 bulan.sering muntah abis minum juga makannya susah.bagaimana ya..

  6. sultiyanah says:

    Anak sy 9bln kl berak mencret da kyak cacing kecil2 warna hitam n ƍäª bgerak,apakah tu cacing?tp anaku dh minum obat cacing 1bln lalu,saya tdak boleh memberi obat cacing lg hrs tungu 6bln.lalu p yg hrs aku lakukan supaya berak’y normal lagi??

  7. Apa Yαº°˚ obat Чªπğ paling tepat untuk anak usia 1 tahun Чªπğ mengalami tanda-tanda cacingan,,
    Terima kasih infonya

  8. Anak sya umur 1thn 9bln..
    Udh beberapa bulan terakhir ini berat bdnnya Ga naik naik.ttp.7,5..nafsu mknnya jg kurang,lemas,ga semangatt.. Apakah anak sya cacingan ??sya sdh coba beri suplemen mknan ,madu tp Ga ªϑª hasilnya !
    Tolong beri solusi ,thx

  9. anak saya cacingen bagaimna cara mengatasinya?

  10. bayi saya baru berusia 13bulan tp semakin kesini berat badannya tidak naik selama 2 bulan bahkan turun 1ons. ibu saya bilang kalo bayi saya cacingan karena bayi saya selain susah makan juga sering garuk2hidung dan mata.selain itu matanya seding melek melek seperti matanya perih dan itu sering sekali.badanya jadi kurus perutnya agak buncit.tp kata dokter harus 2 th diberikan obat cacing.apakah yg harus saya lakukan? terima kasih.

Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>