Waspadai Bahaya Bermain Mandi Bola Bagi Anak Anda

IBUDANBALITA.NET – Bermain mandi bola atau kolam bola bagi anak-anak adalah sebuah surga tersendiri. Hampir tidak ditemukan anak-anak yang tidak menyukai salah satu permainan yang sangat familiar ini.

Bahaya Kolam Mandi Bola Untuk Anak

Di supermarket atau di berbagai tempat umum, biasanya terdapat permainan kolam mandi bola yang memang disediakan untuk pengunjung, khususnya bagi anak-anak. Sekilas kehadiran permainan kolam mandi bola ini memang kesannya memanjakan anak-anak Anda.

Tetapi tahukah Anda bahwa di balik permainan kolam mandi bola ini sebenarnya tersimpan sejumlah bahaya yang mengintai kesehatan dan keselamatan jiwa anak Anda? Iya, permainan mandi bola sebenarnya menyimpan bahaya yang harus Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa bahaya yang sudah pernah terjadi dari permainan kolam mandi bola yang menimpa anak-anak. Sebagiannya malah fatal karena berujung pada kematian sang buah hati dengan penyebab yang terlambat diketahui.

Rentan Infeksi Virus Berbahaya

Kolam permainan mandi bola untuk anak-anak adalah sarang bagi berkembangnya virus berbahaya untuk anak-anak Anda. Salah satunya adalah virus yang menyerang anak melalui sum-sum tulang belakang dan akan merambat ke otak dan menyebabkan kelumpuhan.

Kolam tempat mandi bola memang merupakan lokasi penularan paling bagus untuk virus jenis apapun, terutama yang berlokasi di tempat-tempat umum. Soalnya, pihak taman bermain ternyata jarang sekali mencuci bola-bola di dalam kolam tersebut.

Bahaya Kolam Mandi Bola Untuk Anak

Hal ini diperparah dengan ruangan yang tertutup dan lembab, serta tidak kena sinar matahari, maka kolam tempat mandi bola menjadi ‘surga’ bagi bersemayamnya virus berbahaya untuk anak Anda.

Jadi, jika Anda terpaksa membolehkan anak-anak bermain mandi bola, maka pilihlah kolam mandi bola yang bisa Anda garansi kebersihannya, setidaknya bukan kolam mandi bola yang umum digunakan oleh publik.

Rentan Infeksi Narkoba dan Bahan Berbahaya

Adakah hubungan antara kolam mandi bola dengan infeksi narkoba atau bahan-bahan medis berbahaya lainnya? Jawabannya IYA. Sudah banyak kejadian (true story) dan fakta yang terjadi tentang hal ini.

Salah satunya adalah yang kami kutip dari dari milis HIMASAD (HIMA Sastra Jerman UNPAD) dimana salah seorang anggotanya harus kehilangan putranya yg berusia 3 tahun setelah bermain di kolam mandi bola.

McDonalds, Burger King, Timezone,KFC….Tempat yg sangat mengasyikkan bagi anak-anak bermain dengan bola2. Dimana biasanya disebut kolam bola atau mandi bola….

Kejadiannya bertepatan dengan pesta perayaan ULTAH sang anak di McDonalds, setelah selesai makan,anaknya minta bermain di kolam bola tersebut. Namun tak lama kemudian terdengar si anak melolong kesakitan…..Katanya pantatnya terasa sakit sekali, seperti tertusuk sesuatu benda.Lalu setelah di lihat oleh ibunya, ternyata terdapat bilur merah kecil….

Dan beberapa hari kemudian sang ibu mulai curiga akan memar di pantat anaknya yg semakin membengkak.Dan yg lebih mengagetkan sang ibu ketika si anak mulai menggigil gemetar dan muntah-muntah, dan matanya berputar ke belakang……

Segera anak tersebut dibawa ke rumah sakit dan harus di rawat di ICU,dan anak yg malang itu harus meninggal pada malam itu juga……

Ketika dokter menyatakan bahwa kematian anak itu dikarenakan overdosis heroin. Tentunya sang ibu sungguh tidak percaya….Bagaimana mungkin???!!!….

Ternyata setelah polisi memeriksa kolam mandi bola di restoran fast food tersebut, mereka menemukan beberapa jarum suntik ; sebagian sudah digunakan,dan beberapa ada yg masih dosis penuh. Dan di tumpukan bola2 itu ternyata banyak sekali bekas2 makanan, muntah, diapers kotor,genangan air kencing bahkan ada pisau2 kecil…..

Kemudian setelah ditanyakan ke Manager restoran tsb, barulah diketahui bahwa kolam bola itu hanya dibersihkan beberapa kali dalam setahun.Jadi mereka sendiri juga tidak tahu pasti apa yang terdapat di dasar kolam mandi bola tersebut.

Kolam Mandi Bola Adalah Tempat Sampah!

Sebagian besar kolam mandi bola yang berlokasi di tempat-tempat keramaian sangat jarang dibersihkan. Kolam mandi bola menjadi sebuah ‘bak sampah’ yang tidak terlihat karena tertutupi oleh tebaran bola-bola berwarna-warni dan keriangan anak-anak yang bermain.

Bahaya Kolam Mandi Bola Untuk Anak2

Hal ini diketahui dari berbagai kejadian, salah satunya adalah ketika seorang anak kehilangan jam tangannya di arena kolam mandi bola.

Ketika orang tuanya berusaha mencari jam tangan sang anak di dalam kolam mandi bola tersebut, ternyata yang ditemukannya adalah sejumlah ‘sampah’ yang sangat tidak layak bersentuhan dengan anak-anak yang masih sehat.

Satu diantara putraku kehilangan jam tangannya dan karenanya dia sangat kecewa. Kami menggali di antara bola2 untuk mencarinya. Bukannya menemukan jam tersebut, kami malah menemukan muntahan, makanan, kotoran, dan sesuatu yang tidak ingin saya sebutkan.

Saya pergi ke manager dan memprotess hal tersebut, dan baru saya mengetahui ternyata kolam bola hanya dibersihkan satu kali setiap bulannya. Saya bahkan ragu kalau hal itu juga dilakukannya. Anak2ku tidak akan pernah bermain lagi di kolam bola manapun.

Beberapa di antara pembaca mungkin bukan orang tua, tapi mungkin anda punya keponakan, cucu, atau berteman dengan anak-anak.

Ada Ular Berbisa di Kolam Mandi Bola!

Ini sangat mengerikan karena siapa yang tahu ada apa di dasar kolam mandi bola di mana anak-anak Anda bermain. Salah satu predator yang gemar bersemayam di dasar kolam mandi bola yang jarang dibersihkan adalah ular kecil berbisa!

Bahaya Kolam Mandi Bola Untuk Anak3

Setidaknya ada sejumlah kasus nyata yang pernah terjadi terkait dengan hadirnya ular berbisa di dasar kolam mandi bola. Ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan anak-anak Anda.

Saya termasuk yang agak keberatan anak_anak bermain mandi bola. Tahun 1998 ketika kita tinggal di Plano, Texas ada beberapa kejadian anak2 yang main mandi bola di restoran/mall digigit Rattler Snake yang nggak keliatan kalo sampe bertelur dan beranak pinak dibawah bola-bola tersebut. Belum lagi kejadian yang digigit serangga dll. Kan masih banyak tempat bermain anak yang safe. Kan lebih aman…

Seorang anak kecil lainnya telah bermain di kolam bola Burger King dan mulai mengeluh lengannya terluka. Dia juga meninggal kemudian. Ditemukan bahwa dia mendapat gigitan ular di sekitar lengan dan pantatnya. Ketika mereka membersihkan kolam bola itu, mereka menemukan sarang ular berbisa di dasar kolam bola tersebut. Anak kecil itu telah menderita sejumlah gigitan dari ular2 yang sangat berbisa.

Demikianlah beberapa bahaya yang mengintai anak-anak Anda ketika bermain di kolam mandi bola, khususnya pada kolam mandi bola yang berlokasi di tempat-tempat keramaian yang jarang dibersihkan pengelolanya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman sesama orang tua, sahabat dan keluarga Anda yang lain. Lebih baik kita mencegah hal-hal buruk terjadi daripada mesti mengorbankan anak-anak tercinta kita pada bahaya yang tersembunyi dari permainan mengasyikkan untuk mereka.

Waspadalah!