Ciri Ciri Bayi Kecengklak

IBUDANBALITA.NET – Kecengklak merupakan salah satu bahan yang banyak orang gunakan untuk masalah yang dialami oleh bayi. Kecengklak adalah keadaan keseleo ringan atau salah urat yang biasanya terjadi pada bayi dan balita.

ciri-ciri-bayi-kecengklak
Lalu, mengapa bisa bayi mengalami masalah kecengklak ini? Pada biasanya bayi yang sudah menginjak usia 7 bulan, ia sudah mulai aktif bergerak kesana kemari. Saat bayi Anda mulai belajar berjalan. Bayi yang baru bisa berjalan biasanya juga tiba-tiba menggeliat jika digendong, ini juga bisa menyebabkan kecengklak.

Ciri Dan Gejala

1. Demam 37 – 38.5 tidak kunjung turun, meskipun minum paracetamol.
2. Demam hanya pada area punggung hingga kepala, kaki dingin normal.
3. Telapak tangan hangat, namun tangannya dingin normal.
4. Anak rewel dan nafsu makan turun (kata tukang pijetnya, krn punggungnya sakit / tidak nyaman)
5. Bisa juga menyebabkan batuk ( ciri batuk kecengklak ini, katanya punya suara yang khas. Tukang pijit biasanya langsung tahu penyebab batuk karena kecengklak / bukan )
6. Pada anak-anak yang batuk kerena kecengklak, saat batuk akan terasa nyeri dipunggung.

Penyembuhan Dan Pengobatan

Dari pengalaman seorang ibu yang bayinya pernah mengalami kecengklak, tidak ada obat yang efektif untuk mengatasi kecengklak. Bayinya pada saat menglamai kecengklak, susah paya mencari obat untuk mengatasinya namun tetap saja tidak kunjung redah.

Salah satu solusi terbaik bagi semua bayi yang mengalami kecengklak yaitu dengan dipijat oleh tukang pijat bayi (khusus dan sudah dipercaya alias berpengalaman), karena untuk kasus kecengklak tidak ada obatnya dan bila dibiarkan justru berbahaya buat bayinya maka salah satu solusinya yaitu pijat tradisional, selama dikerjakan oleh orang ahlinya pasti tidak akan bermasalah.

Pijat bayi juga bisa dilakukan pada saat bayi sehat, gunanya yaitu diantaranya untuk melatih motorik bayi, melancarkan peredaran darah, merilexkan bayi, dll.

Perhatian:

Tulisan ini dibuat hanya berdasarkan pengalaman dan info yang kami dapat dari tukang pijit bayi. Tidak ada riset dan kesimpulan ilmiah mengenai gangguan kesehatan kecengklak. Namun kami sarankan untuk tetap pergi ke dokter bila anak Anda mengalami tanda seperti yang kami sebutkan diatas.