Amankah Tape Singkong Bagi Bayi?


Amankah Tape Singkong Bagi Bayi?Aneka bahan pangan yang mengandung karbohidrat dapat diolah menjadi makanan khas yang disebut tape.  Bahan pangan yang umumnya dibuat tape adalah ubi kayu (singkong), beras ketan putih maupun beras ketan hitam serta sorgum.

Pada dasarnya tape merupakan makanan yang memiliki kandungan alkohol. Bagi bayi yang masih berada di dalam kandungan, alkohol bisa menghambat pertumbuhan bayi. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya tidak makan tape. Tape tidak aman bagi bayi dalam kandungan.

Untuk bayi yang telah lahir, tape sebaiknya diberikan sebagai makanan bayi untuk usia 2 atau 3 tahun ke atas. Ragi tape terbilang keras untuk pencernaannya. Makanan bayi yang berupa tape ini memang umumnya disukai anak karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis. Namun perhatikan untuk tidak terlalu banyak memberikan makanan bayi berupa tape meskipun sang anak sangat menyukainya. Selama tape diberikan dalam porsi yang sedikit maka tape aman untuk bayi.

Pengecualian pada bayi dengan pencernaan yang sangat sensitif. Biasanya setelah bayi makan tape, mukanya akan memerah dan muntah. Jika bayi mengalami hal ini dan terkena diare maka hentikan pemberian tape untuk bayi. Hal ini artinya sang bayi belum siap untuk menerima kandungan keras dalam tape.

Pemberian tape yang berlebihan bisa membuat pencernaan bayi sakit. Selain itu, bisa-bisa kandungan alkohol di dalamnya memabukkan bayi. Bayi menjadi mabuk bisa karena alkohol menjadi racun di tubuhnya dan hal ini tidaklah diinginkan karena bisa menghambat pertumbuhannya. Namun selama porsinya sedikit maka makanan tape aman. Takaran porsi yang aman untuk anak maksimal 30 gram saja sehari dan sebaiknya makannya tidak sekaligus 30 gram.

Jenis tape singkong diakui memiliki kandungan vitamin A dan dan karbohidrat. Untuk membuat makanan bayi dari tape, pilihlah tape singkong yang berwarna kuning. Tape ini memiliki kandungan vitamin A yang lebih banyak dari pada tape yang berwarna putih. Tapi hati hati jika tape sudah terlalu tua yang berarti kadar alkoholnya terlalu tinggi. Oleh sebab itu, jika ingin memberikan tape untuk bayi, pilihlah yang tidak terlalu matang namun berwarna kuning.

Makanan bayi yang berupa tape mengandung berbagai macam bakteri baik. Oleh sebab itu, sering kali disebut sebagai sumber prebiotik. Selain itu, tape sebagai makanan bayi bermanfaat pula untuk memberikan kehangatan. Oleh sebab itu, camilan berbahan dasar tape cocok diberikan saat musim hujan atau cuaca dingin. Selain itu, tape bisa menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas karena kandungan energinya yang hampir setara dengan nasi.




3 Komentar

  1. Ass.. Dok saya hamil sudah 4 bulan saya kepingin makan tape singkong yg berwarna putih. Setelah saya makan tape aman aman saja perutnya dok. Tapi saya takut ada apa2 dengan janin saya apa yang harus saya lakukan dok.
    Tolong dijawab ya dok :-)

  2. memang enak keju d kasi tape???d blender d ancurin gitu tapennya???

  3. Ass…..mw tnya ni. Pagi hari ini saya makan kue biskuit d lapisin tape sama keju. Nah wkt tu saya belum sarapan apa2 habis makan biscuit tu ko perut terasa kuarang enak agak sakit. apa yang harus sya lakukan ya dok? Ke aadan saya lagi menunggu beberapa hari lagi untuk di nyatakan hamil karena kemarin tp hsil 2 garis cuman yg 1 agak samar 2 jadi kata dr duruh nunggu dulu…..mhon di jawab ea dok makasi

Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>