Metode dan Cara Menggugurkan Kandungan yang Paling Aman

IBUDANBALITA.NET – Buah hati merupakan impian bagi sebagian besar keluarga. Buah hati adalah titipan dari yang Maha Kuasa untuk kita jaga, rawat, dan mengajarinya bagaimana berperilaku yang benar.

Tetapi, ada kalanya buah hati yang begitu berharga dianggap belum tepat oleh kedua orang tuanya maupun salah satu orang tuanya. Sehingga mereka berpikir bahwa dengan menggugurkan kandungan dapat menyelesaikan masalah itu.

Wanita Hamil

Sebelum kita masuk lebih jauh, ada baiknya kita memahami bahwa ilmu itu sebaiknya disebar dan nilai ilmu itu bergantung darimana cara pandang dan pengguna ilmu itu menyikapinya.

Kami tidak bertanggung jawab atas dampak yang terjadi akibat tulisan ini dan hanya berniat untuk membagi ilmu agar kita semua paham dan senantiasa membuka mata akan fenomena yang memang sering terjadi di masyarakat kita.

Menggugurkan kandungan merupakan keputusan yang berat dan sulit. Karena dalam melakukan aborsi berarti sama dengan menghilangkan nyawa dari anak itu sendiri. Ada baiknya kita membicarakan aborsi ini dengan dokter maupun teman dan keluarga.

Terlebih lagi, biasanya yang melakukan aborsi adalah perempuan yang masih muda, oleh karena itu pembicaraan ini menjadi penting dan apabila sudah yakin dengan keputusan melakukan aborsi maka silahkan menanggung resikonya masing – masing.

Metode dan Cara Menggugurkan Kandungan yang Paling Aman

Aborsi merupakan suatu proses medis untuk menghentikan kehamilan yang berujung pada ketidaklahiran seorang bayi/menggugurkan kandungan.

Terdapat berbagai metode yang dapat dilakukan untuk dapat menggugurkan kandungan, antara lain:

  1. Menggunakan cara tradisional seperti menggunakan nanas dan jamu – jamu
  2. Menggunakan obat penggugur kandungan
  3. Menggunakan alat – alat kedokteran seperti canulla, fopceps

Secara umum, kebanyakan orang melakukan aborsi dengan menggunakan obat. Karena menurut penelitian, cara paling aman dan baik bagi wanita untuk melakukan pengguguran kandungan (aborsi) sendiri sampai dengan usia kehamilan 12 minggu adalah dengan meminum obat.

Terdapat dua obat yang sering digunakan untuk menggugurkan kandungan. Yang pertama adalah Mifepristone atau yang juga dikenal dengan nama RU 486, mifeprex, mifegyn dan yang kedua adalah Misoprostol atau yang juga dikenal sebagai cytotec, oxaprost, mibetec dll

Metode aborsi dengan menggunakan obat ini memberi tingkat keberhasilan lebih dari 97% yang membuat metode ini menjadi pilihan bagi yang ingin melakukan aborsi. Tetapi, obat misoprostol tidak dapat digunakan ketika kehamilan lebih dari 12 minggu.

Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan USG untuk mengetahui usia kehamilan. Obat ini bisa saja dipakai jika usia kehamilan lebih dari 12 minggu, tapi resiko yang bisa terjadi adalah pendarahan berat, nyeri dan komplikasi yang serius.

Aborsi Medikalis

Untuk mengetahui bahwa proses aborsi itu berjalan dengan lancar, biasanya wanita mengalami pendarahan dan otomatis mengeluarkan kandungan.

Tetapi, ada juga yang mengalami pendarahan tanpa menggugurkan kandungan. Oleh karena itu, diharapkan dapat melakukan USG 1 minggu setelah aborsi untuk memastikan bahwa kandungan kosong.

Itulah cara melakukan aborsi yang paling aman dan populer di kalangan masyarakat Indonesia maupun dunia.

Selain itu terdapat berbagai metode lain seperti melakukan pengguguran di dukun dengan diberi pijatan – pijatan diperut tetapi metode ini sangat menyakitkan dan sangat berbahaya bagi perempuan itu sendiri. Bahkan banyak kasus kematian saat melakukan aborsi di dukun.

Untuk kedepannya, terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, di antaranya:

  1. Menggunakan kontrasepsi seperti kondom dalam melakukan hubungan dengan pasangan
  2. Menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan
  3. Memasang spiral

Sekian artikel tentang bagaimana cara menggugurkan kandungan. Semoga bermanfaat dan jadilah pembaca yang cerdas. Salam sehat selalu!


2 Komentar Pembaca untuk “Metode dan Cara Menggugurkan Kandungan yang Paling Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *