Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana

Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana

IBUDANBALITA.NET – Kencur adalah tanaman yang sering sekali digunakan sebagai bahan obat, termasuk untuk membuat jamu, salah satunya adalah jamu beras kencur.

Jamu beras kencur merupakan minuman  khas dari Indonesia, khususnya Jawa. Beras kencur digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Loading...

Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Saat ini, jamu beras kencur sudah mulai dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan.

Selain jamu beras kencur, ada juga dikenal juga adanya produk Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana. Berdasarkan hasil penelusuran kami, produk jamu kencur tradisi bidan istana ini berasal dan diproduksi di Malaysia. Meskipun kedengarannya sangat familiar dengan produk jamu beras kencur, tetapi nyatanya berbeda.

Jamu Kencur dari Malaysia

Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana ini berkhasiat untuk meningkatkan gairah dan daya tarik tubuh. Produk jamu ini lebih diperuntukkan bagi wanita yang ingin tampil lebih percaya diri dengan tubuh mereka.

MENARIK:  Waspada Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan

Selain itu, produk Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana ternyata juga bagus dikonsumsi oleh wanita selepas melahirkan. Jamu ini akan membantu melancarkan sisa-sisa darah nifas dan membuat tubuh sang ibu menjadi lebih segar dan sehat.

Nah, jika Anda belum bisa mendapatkan produk Jamu Kencur Tradisi Bidan Istana ini, jangan berkecil hati dulu. Anda bisa juga membuat ramuan beras kencur dengan khasiat serupa.

Dilansir dari situs resepcaramemasak.info, berikut adalah cara membuat jamu beras kencur dengan khasiat yang tidak kalah dari jamu kjencur tradisi bidan istana yang populer itu:

Bahan-Bahan untuk Membuat Jamu Beras Kencur

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah beras kurang lebih sebanyak 200 gram. Gunakan beras yang putih bersih dan tidak beraroma.
  2. Tumbuhan akar rimpang Kencur yang berukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 6 jari orang dewasa.
  3. Rimpang Kunyit yang berukuran sedang kecil sepanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  4. Asam Jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  5. Gula Jawa kurang lebih sebanyak 240-260 gram.
  6. Jahe lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  7. Daun Pandan segar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  8. Buah Jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 2 buah saja. Belah menjadi beberapa bagian dan ambil air perasan jeruknya.
  9. Garam dapur beryodium dan air bersih matang secukupnya.
  10. Gula pasir secukupnya apabila dibutuhkan.
MENARIK:  Tipe-Tipe Kista Yang Tumbuh Di Ovarium

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam 200 gram beras yang sudah dipersiapkan dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  2. Ambil panci buat rebusan. Masukkan kurang lebih 6 gelas air bersih ke dalamnya dan hidupkan kompor dengan api sedang.
  3. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit dan gula jawa ke dalam pancinya. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata dan sempurna.
  4. Aduk aduk lagi dan tunggu sampai air rendaman mendidih lalu matikan. Saring air rendaman dengan saringan supaya ampas daun pandan, kunyit, kencur dan jahenya terpisah dari airnya.
  5. Ambil ampas atau rendaman jahe dan kunyitnya. Tumbuk halus bersama kencur dan beras yang tadi sudah direndam dengan air selama kurang lebih 3 jam. Tumbuk semua bahan tersebut sampai benar benar halus.
  6. Letakkan tumbukan bahan bahan di atas diatas saringan. Siram dengan air rebusan rendaman dari panci pertama supaya rasa dan aroma beras kencurnya lebih terasa.
  7. Masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas ke dalam air siraman di atas. Tambahkan garam secukupnya (sedikit saja).
  8. Cicipi dulu sebelum dihidangkan. Kalau dirasa kurang manis, teman teman bisa menambahkan gula pasir secukupnya.
MENARIK:  Kontasepsi Pemakaian Suntikan Kombinasi

Demikianlah penjelasan kami seputar jamu beras kencur dan jamu kencur tradisi bidan istana. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...