Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak AnakIBUDANBALITA.NET – Setiap orang tua pastinya akan berbangga hati jika memiliki anak-anak yang cerdas dan pandai.

Sayangnya, tidak semua anak anak memiliki kecerdasan yang tinggi sejak lahir. Ada juga anak-anak yang biasa saja. Bahkan, tak jarang ada anak yang kecerdasannya di bawah rata-rata.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan kecerdasan otak anak? Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberikannya makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh otak anak untuk tumbuh dan berkembang.

Loading...

Otak seorang anak akan memilki kemampuan yang lebih baik hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat merangsang pertumbuhan otak tersebut.

Nah, apa saja makanan-makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak? Berikut ini pemaparannya.

Beras dan Gandum

Makanan pertama yang dapat meningkatkan kecerdasan otak ialah beras dan gandum. Beras dan gandum yang dimaksud di sini ialah beras dan gandum yang masih memiliki kulit ari. Beras merah dan oat adalah contoh beras dan gandum yang masih ada kulit arinya, yang kaya akan vitamin B.

MENARIK:  Imunisasi DPT Mengurangi Resiko Kematian Bayi

Keduanya memiliki serat yang tinggi sehingga melepaskan glukosa secara perlahan-lahan. Karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat anak energetik tapi kemudian cepat capek. Perubahan mood ini tentu tidak baik bagi anak.

Ikan Laut

Selain beras dan gandum, konsumsi pula ikan laut karena ikan laut merupakan sumber omega 3 yang utama. Dengan adanya asupan asam lemak omega 3, aktivitas neurotransmitter menjadi meningkat.

Bahkan, asam lemak omega 3 juga dapat membantu sel otak dalam berkomunikasi dengan sel-sel otak lainnya secara efektif sehingga fungsi otak optimal.

Sayuran

Selanjutnya konsumsi juga sayuran yang berwarna karena biasanya sayuran yang berwarna kaya akan anti oksidan sehingga akan menjaga sel otak agar tetap sehat. Serangkaian antioksidan yang didapat tersebut tentunysa sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Kacang kacangan

Tak hanya sayuran, konsumsi pula kacang-kacangan dan polong-polongan. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan handal melindungi selaput sel otak terhadap radikal bebas.

Adapun polong-polongan memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang kompleks sehingga berkhasiat untuk menghasilkan energi yang baik untuk merangsang otak. Proteinnya dibutuhkan untuk menghasilkan asam nukleat dari sel otak.

MENARIK:  Cara Menentukan Anak Laki-Laki

Telur dan buah buahan

Untuk meningkatkan daya ingat, konsumsi telur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. telur dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat karena tinggi akan kandungan protein, kolin dan vitamin B. untuk buah-buah yang mengandung vitamin C, Anda bisa mengonsumi buah beri.

Jika tidak ada buah beri, Anda bisa memilih yoghurt. Yoghurt adalah sumber protein, vitamin B dan D dimana ketig nutrisi tersebut sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmiter.

Nah, setelah mengetahui berbagai macam makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak sang anak, maka sekarang rutinlah menyertakan beberapa jenis makanan di atas untuk merangsang pertumbuhan otak serta meningkatkan kecerdasan otak anak.

Komentar Pembaca untuk “Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...