Loading...

Tips Menyusui Dengan ASI

http://www.ibudanbalita.netASI adalah makanan terbaik untuk bayi, ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bayi, mencegah alergi makanan, bahkan melindungi dari beberapa penyakit.

Sangatlah penting untuk memulai ASI segera setelah bayi lahir dan tidak memberi dia apa-apa kecuali ASI selama minggu-minggu pertama.

Proses menyusu biasanya berlangsung selama 10 sampai 20 menit pada tiap payudara. Kebanyakan bayi yang baru lahir ingin menyusu setiap 1 sampai 3 jam. Pada beberapa bulan berikutnya,bayi Anda ingin menyusu setiap 3 sampai 4 jam.

Loading...

Seiring dengan pertumbuhan bayi Anda,akan ada hari-hari dimana dia ingin diperhatikan lebih sering dan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Hal ini akan memicu payudara Anda untuk memproduksi air susu lebih banyak dari sebelumnya. Terdapat cara yang alami untuk mengetahui apakah sang ibu menghasilkan ASI dalam jumlah yang cukup.

Salah satu cara untuk mengetahui bayi Anda mendapatkan air susu yang cukup adalah dengan menghitung jumlah popok basah – sedikitnya enam popok setiap harinya.

Setelah bayi Anda berumur 6 minggu, anda boleh berpikir bahwa bayi Anda mengalami sembelit. Adalah biasa bagi bayi yang menyusui ASI untuk buang air besar setiap dua sampai tiga hari sekali

Selama beberapa minggu pertama, bayi tidak membutuhkan makanan atau minuman jenis lain. Bahkan ketika dia sakit, ASI mengandung cukup air untuk memenuhi kebutuhannya. Kami menganjurkan Anda untuk terus memberikan ASI selama 12 bulan atau lebih.

Banyak klinik,rumah sakit, dan kantor WIC memiliki konsultan laktasi atau pendidik menyusui yang dapat menjawab pertanyan-pertanyaan seputar menyusui.

Tips Menyusui Dengan ASI | Zulfadillah Ahmad, AMd.Keb | 4.5