Manfaat Kencur Pada Bayi

Manfaat Kencur Pada BayiManfaat Kencur adalah satu jenis tanaman obat dan merupakan salah satu jenis tanaman dalam suku temu-temuan, dalam istilah latin ini disebut dengan Kaempferia galanga. Kencur adalah tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu. Kencur masih memiliki kerabat dengan jahe, kunyit, dan sebagainya.

Kencur digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Pernahkah anda mendengar atau minum jamu beras kencur? Atau bahkan anda adalah konsumen setia dari jamu beras kencur?

Sejak jaman dahulu kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakit ringan lainya.

Loading...

Kencur atau kaempferia galanga merupakan ramuan tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Pemanfaatan kencur untuk bayi telah dilakukan secara turun temurun. Selain itu, pemanfaatan kencur untuk bayi telah mendapat pengakuan dari para ahli medis dan ahli farmakologi.

MENARIK:  Masalah Balita Yang Susah Tidur

Manfaat kencur sangat beragam tergantung dari penggunaan kencur itu sendiri, sedangkan penggunaan kencur sebagai ramuan tradisional ada dua jenis yaitu dengan cara diminum atau dengan cara dioleskan.

1.  Manfaat kencur dengan penggunaan secara dioleskan diantaranya adalah :

  • Kencur mengandung minyak atsiri yang sangat baik untuk bayi, karena minyak atsiri mempunyai efek analgesik yang dapat menghangatkan tubuh bayi. Penggunaan kencur untuk bayi agar dapat menghangatkan bayi adalah dengan cara menumbuk lembut kencur, kemudian peraslah hasil tumbukan tersebut. Oleskan hasil perasan kencur pada seluruh bagian tubuh bayi, niscaya bayi akan terasa hangat sehingga nyenyak tidurnya.
  • Parutan kencur dapar menghilangkan pegal-pegal, keseleo dan rasa nyeri (karena kencur bersifat analgesik) pada tubuh bayi, sehingga bayi akan lebih tenang dan tidak rewel.
  • Dapat mencegah masuk angin apabila dioleskan pada perut bayi.

2.  Sedangkan manfaat kencur jika diminum oleh bayi atau anak diantaranya adalah :

  • Ekstrak methanol yang terdapat pada kencur dapat menjadi imunitas alami bayi. Karena ekstrak methanol dapat menghalangi pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh.
  • Jamu beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Minum perasan kencur secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  • Perasan kencur dapat digunakan sebagai ramuan tradisional yang mampu mengobati berbagai penyakit yang menimpa bayi seperti radang lambung, radang telinga, influenza, gangguan pernafasan, diare, muntah-muntah, keracunan akibat makanan dan batuk berdahak.
MENARIK:  Keuntungan Mengosongkan Payudara Saat Menyusui

Penggunaan kencur untuk bayi dengan cara diminum mungkin merupakan hal yang sulit dilakukan, karena bayi tentu akan menolak untuk meminum kencur. Penolakan bayi untuk meminum kencur biasanya dikarenakan bau dan rasa kencur yang sangat menyengat. Oleh karena itu campurlah perasan kencur dengan gula atau madu untuk mengurangi rasa kencur yang menyengat, sedangkan untuk mengurangi bau kencur yang menyengat ibu dapat menambahkan daun pandan atau vanili pada perasan kencur.


8 Komentar Pembaca untuk “Manfaat Kencur Pada Bayi

  1. Dok…. maaf itu fotonya bukan kencur.. tapi Laos dan Jahe. Siapa tahu yang belum pernah lihat kencur nanti menyamakan dengan gambar. Thank…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...