Transfusi Plasma Segar Beku

http://www.ibudanbalita.netPlasma Segar Beku

Plasma segar beku hanya dapat diberikan ketika pasien sudah menunjukkan kekurangan factor pembekuan atau ketika suatu konsentrat factor yang spesifik tidak tersedia.

Itu terutama berguna dalam pengobatan berbagai factor defisiensi seperti penyakit hati, disseminated intravascular coagulation, transfusi masif, dan pemberian warfarin sodium.

Selain itu, bermanfaat juga dalam perawatan kekurangan antitrombin III, penyakit kulit thrombocytopenic thrombotic, dan sindrom uremik hemolitik.

Plasma segar beku disiapkan dalam volume 200 – 250 ml; tiap-tiap unit berisi satu unit factor pembekuan dan akan meningkatkan setiap factor pembekuan sebanyak 2 – 3 % pada perempuan dengan berat badan 70 kg.

Plasma beku segar hanya digunakan untuk meningkatkan faktor-faktor pembekuan pada pasien-pasien yang menunjukkan kekurangna factor II, V, VII, IX, X, atau XI atau kekurangan multifactor pada penyakit hati atau disseminated intravascular coagulation.

Jika waktu protrombin atau waktu parsial tromboplastin kurang dari 1,5 kali normal (biasanya lebih dari 55 – 60 detik), plasma segar beku jarang diberikan.

Dosis awal yang umum adalah dua kantong plasma segar beku. Plasma segar beku tidak digunakan untuk penambahan volume intravascular, sebagai tambahan nutrisi, atau sebagai profilaksis dalam transfuse darah masif.

Cairan koloid alternative untuk penambahan volume intravascular adalah albumin, hydroxyethyl starch, dekstran, dan fraksi protein yang dibersihkan.

Plasma segar beku digunakan pada saat kehilangan darah massif ketika laboratorium untuk pemeriksaan koagulasi tidak tersedia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *