Penanganan dan Gejala Klinis Syok Septik

http://www.ibudanbalita.netGejala Klinis

Syok septic (endotoksik) terjadi dalam 2 fase utama yaitu fase reversible dan fase ireversibel, sedangkan fase reversible terdiri atas fase panas dan fase dingin.

Fase panas disertai dengan gejala-gejala hipotensi, takikardia, pireksia, dan menggigil. Kulit kelihatan merah dan panas. Pasien biasanya masih sadar dan leukositosis terjadi dalam beberapa jam.

Pada fase dingin dijumpai gejala dan tanda-tanda kulit dingin dan mengeriput, sianosis, purpura, jaundice, penurunan kesadaran yang progresif, dan koma.

Selanjutnya bila syok berlanjut terus pasien akan jatuh ke dalam fase ireversibel di mana terjadi hipoksia sel yang berkepanjangan yang menyebabkan gejala asidosis metabolic, gagal ginjal akut, gagal jantung, edema pulmonum, gagal adrenal, dan kematian.

Diagnosis Diferensial

Keadaan seperti ini juga dijumpai pada emboli air ketuban, emboli paru, sindroma aspirasi paru, infark jantung, dan transfusi yang inkompatibel.

Penanganan

Terdiri atas 3 garis utama, yaitu pengembalian fungsi sirkulasi darah dan oksigenisasi, eradikasi infeksi, serta koreksi cairan dan elektrolit.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *