Yang Di Maksud Syok Dalam Kebidanan

http://www.ibudanbalita.netSyok adalah suatu keadaan disebabkan gangguan sirkulasi darah ke dalam jaringan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi jaringan dan tidak mampu mengeluarkan hasil metabolisme.

Penyebab terjadinya syok dalam kebidanan yang terbanyak adalah perdarahan, kemudian neurogenik, kardiogenik, endotoksik/septic, anafilaktik, dan penyebab syok yang lain seperti emboli, komplikasi anestesi, dan kombinasi.

Gejala klinik syok pada umumnya sama yaitu tekanan darah menurun, nadi cepat dan lemah, pucat, keringat dingin, sianosis jari-jari, sesak napas, penglihatan kabur, gelisah, dan akhirnya oliguria/anuria.

Komplikasi akibat penanganan yang tidak adekuat dapat menyebabkan asidosis metabolic akibat metabolism anaerob yang terjadi karena kekurangan oksigen.

Hipoksia/iskemia yang lama pada hipofise dan ginjal dapat menyebabkan nekrosis hipofise (sindroma Sheehan) dan gagal ginjal akut.

Koagulasi intravascular yang luas (DIC) disebabkan oleh lepasnya tromboplastin dari jaringan yang rusak. Kegagalan jantung akibat berkurangnya aliran darah koroner. Dalam fase ini kematian mengancam.

Transfuse darah saja tidak adekuat lagi dan jika penyembuhan (recovery) fase akut terjadi, sisa-sisa penyembuhan akibat nekrosis ginjal dan/atau hipose akan timbul.

Penanganan syok terjadi atas 3 garis utama, yaitu pengembalian fungsi sirkulasi darah dan oksigenisasi, eradikasi infeksi, serta koreksi cairan dan elektrolit.

Angka Kematian ibu karena perdarahan dalam kebidanan dapat mencapai 13,4 % di USA (United States of America).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *