Menangani Masalah Gawat Darurat Kebidanan

http://www.ibudanbalita.netObat Pengurang Rasa Nyeri

Pada beberapa kasus gawat darurat obstetric, penderita dapat mengalami rasa nyeri yang membutuhkan pengobatan segera.

Pemberian obat pengurang rasa nyeri jangan sampai menyembunyikan gejala yang sangat penting untuk menentukan diagnosis. Hindarilah sedasi berlebihan.

Obat narkotika dapat menekan pernapasan. Hindarilah penggunaan narkotika pada kasus yang dirujuk tanpa didampingi petugas kesehatan, terlebih lagi petugas tanpa kemampuan untuk mengatasi depresi pernapasan.

Penanganan masalah utama

Penyebab utama kegawat daruratan kasus harus ditentukan diagnosisnya dan ditangani sampai tuntas secepatnya setelah kondisi pasien memungkinkan untuk segera ditindak. Kalau tidak, kondisi gawat darurat dapat timbul lagi dan bahkan mungkin dalam kondisi yang lebih buruk.

Rujukan

Apabila fasilitas medic di tempat kasus diterima terbatas untuk menyelesaikan kasus dengan tindakan klinik yang adekuat, maka kasus harus dirujuk ke fasilitas kesehatan lain yang lebih lengkap.

Seharusnya sebelum kasus dirujuk, fasilitas kesehatan yang akan menerima rujukan sudah dihubungi dan diberi tahu terlebih dahulu sehingga persiapan penanganan atau pun perawatan inap telah dilakukan dan diyakini rujukan kasus tidak akan ditolak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *