Ciri-Ciri dan Tanda Wanita Mengalami Keguguran

Ciri-Ciri dan Tanda Wanita Mengalami KeguguranIBUDANBALITA.NET – Mengalami keguguran bukanlah harapan setiap wanita yang normal. Apalagi jika kehamilannya merupakan suatu hal yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Keguguran adalah proses hilangnya kandungan pada saat janin berusia di bawah 20 minggu. Berdasarkan catatan berbagai sumber, sekitar satu dari enam kehamilan berakhir dengan keguguran. Sebagian besar terjadi sebelum minggu ke-16.

Keguguran bisa saja terjadi jika ibu hamil tidak menjaga janinnya dengan baik. Sebelum keguguran benar-benar terjadi, biasanya terdapat sejumlah tanda awal yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada proses kehamilan.

Loading...

Ciri-ciri dan tanda-tanda seorang wganita hamil mengalami keguuran antara lain adalah:

Rasa sakit dan kejang

Kekejangan atau kram yang terus-menerus selama beberapa hari pada daerah pelvis menjadi salah satu tanda awal adanya keguguran. Selain itu, rasa sakit yang terus-terusan terasa pada daerah belakang bagian bawah.

Perdarahan dari vagina

Secara umum bisa berupa munculnya bercak darah ringan atau berat hingga keluarnya aliran darah. Tidak jarang pendarahan disertai dengan keluarnya jaringan, seperti dinding rahim atau kantung ketuban yang robek.

MENARIK:  Jenis Makanan Faktor Penyebab Keguguran Kandungan

Hilangnya tanda kehamilan

Pada beberapa wanita, hilangnya tanda-tanda kehamilan yang umum dijumpai seperti rasa mabuk hamil, keletihan dan sakit pada bagian belakang, bisa jadi merupakan ciri awal terjadinya keguguran.

Denyut jantung janin tidak ada

Salah satu tanda penting yang bisa menjadi indikasi terjadinya keguguran kandungan adalah menghilangnya denyut jantung janin. Denyut jantung janin diperiksa dengan menggunakan USG atau stetoskop khusus oleh tenaga ahli.

Hilangnya pergerakan janin

Jika secara tiba-tiba janin yang biasanya aktif bergerak menjadi pasif dan tidak ada gerakan, Anda patut mencurigai terjadinya keguguran.

Keluar cairan aneh

Jika Anda menemukan adanya cairan aneh yang keluar melalui vagina, baik berupa bercak darah atau gumpalan keputihan dengan bau menyengat, Anda patut curiga bahwa telah terjadi keguguran.

***

Demikianlah beberapa tanda-tanda dan ciri-ciri seorang wanita mengalami keguguran. Jika Anda menemukan satu atau lebih dari tanda dan gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter ahli kandungan terdekat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...