Menggugurkan Kandungan atau Aborsi

Menggugurkan Kandungan atau AborsiIBUDANBALITA.NET – Tidak sedikit wanita yang saat ini tengah mencari cara menggugurkan kandungan mereka.

Tentu ada banyak pertimbangan sehingga pilihan untuk menggugurkan kandungan mereka lakukan.

Proses menggugurkan kandungan dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah abortus atau aborsi.

Loading...

Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram.

Istilah abortus dipakai untuk menunjukkan pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan.

Ada banyak sekali defenisi dan batasan tentang apa dan bagaimana abortus itu. Dalam Blaks’s Law Dictionary, kata abortion yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi aborsi mengandung arti: “The spontaneous or articially induced expulsion of an embrio or featus. As used in illegal context refers to induced abortion.”

Sedangkan menurut buku Ensiklopedi Indonesia, abortus diartikan sebagai pengakhiran kehamilan sebelum masa gestasi 28 minggu atau sebelum janin mencapai berat 1.000 gram.

ABORSI MENURUT TINJUAN MEDIS

Secara medis, aborsi atau abortus dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu (1) abortus spontaneus dan (2) abortus provokatus (indoset abortion).

Abortus spontaneus adalah aborsi yang terjadi dengan tidak didahului faktor-faktor mekanis ataupun sebab medis, tetapi semata-mata disebabkan oleh faktor alamiah. Contohnya adalah abortus completes (keguguran lengkap), abortus incopletus (keguguran bersisa) atau abortus infeksious dan abortus septic.

Sementara abortus provokatus (indoset abortion) adalah penggguran kandungan yang sengaja dilakukan baik dengan memakai obat-obatan maupun alat-alat tertentu. Abortus provokatus ini dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu abortus provokatus medicinalis dan abortus provokatus criminalis.

Abortus provokatus medicinalis adalah pengguruan kandungan yang dilakukan oleh dokter atas dasar adanya indikasi medis tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, yaitu apabila tindakan aborsi tidak diambil maka akan membahayakan jiwa ibu.

MENARIK:  Cincin Vagina Mencegah Penularan Virus HIV / AIDS

Sedangkan abortus provocatus criminalis adalah aborsi yang terjadi oleh karena tindakan-tindakan yang tidak legal atau tidak berdasarkan atas adanya indikasi medis tertentu. Contohnya adalah aborsi yang dilakukan dalam rangka melenyapkan janin sebagai akibat hubungan seksual di luar perkawinan.

ABORSI MENURUT TINJAUAN HUKUM

Abortus buatan, jika ditinjau dari aspek hukum dapat digolongkan ke dalam 2 golongan yakni (1) abortus buatan legal dan (2) abortus buatan illegal.

Abortus buatan legal adalah pengguguran kandungan yang dilakukan menurut syarat dan cara-cara yang dibenarkan oleh undang-undang. Populer juga disebut dengan abortus provocatus therapcutius, karena alasan yang sangat mendasar untuk melakukannya adalah untuk menyelamatkan nyawa atau menyembuhkan sang ibu.

Sementara abortus buatan illegal merupakan proses pengguguran kandungan yang tujuannya bukan untuk menyelamatkan atau menyembuhkan sang ibu, dilakukan oleh tenaga yang tidak kompeten serta tidak memenuhi syarat dan cara-cara yang dibenarkan oleh undang-undang.

Abortus golongan ini sering juga disebut dengan abortus provocatus criminalis, karena di dalamnya mengandung unsur kriminal atau kejahatan. Abortus provocatus criminalis telah diatur dengan begitu jelas dalam KUHP, antara lain:

MENARIK:  Kondisi Kesehatan Yang Sehat Bagi Ibu Hamil Walaupun Saat Bekerja

Pasal 229

  1. Barang siapa dengan sengaja mengobati seorang wanita atau menyuruhnya supaya diobati, dengan diberitahukan atau ditimbulkan harapan, bahwa karena pengobatan itu hamilnya dapat digugurkan, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak tiga ribu rupiah.
  2. Jika yang bersalah, berbuat demikian untuk mencari keuntungan, atau menjadikan perbuatan tersebut sebagai pencarian atau kebiasaan, atau jika dia seorang tabib, bidan atau juru obat, pidana dapat ditambah sepertiga.
  3. Jika yang bersalah, melakukan kejahatan tersebut, dalam menjalani pencarian maka dapat dicabut haknya untuk melakukan pencarian itu.

Pasal 341

Seorang ibu yang, karena takut akan ketahuan melahirkan anak, pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian, dengan sengaja merampas nyawa anaknya, diancam, karena membunuh anak sendiri, dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Pasal 342

Seorang ibu yang, untuk melaksanakan niat yang ditentukan karena takut akan ketahuan bahwa akan melahirkan anak, pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian merampas nyawa anaknya, diancam, karena melakukan pembunuhan anak sendiri dengan rencana, dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

MENARIK:  Metode dan Cara Menggugurkan Kandungan yang Paling Aman

Pasal 343

Kejahatan yang diterangkan dalam pasal 341 dan 342 dipandang, bagi orang lain yang turut serta melakukan, sebagai pembunuhan atau pembunuhan dengan rencana.

Pasal 346

Seorang wanita yang sengaja menggugurkan atau mematikan kandungannya atau menyuruh orang lain untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Pasal 347

Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita tanpa persetujuannya, diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut, dikenakan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

Pasal 348

  1. Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita dengan persetujuannya, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan.
  2. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut, dikenakan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Pasal 349

Jika seorang tabib, bidan atau juru obat membantu melakukan kejahatan yang tersebut pasal 346, ataupun melakukan atau membantu melakukan salah satu kejahatan yang diterangkan dalam pasal 347 dan 348, maka pidana yang ditentukan dalam pasal itu dapat ditambah dengan sepertiga dan dapat dicabut hak untuk menjalankan pencarian dalam mana kejahatan dilakukan.


4 Komentar Pembaca untuk “Menggugurkan Kandungan atau Aborsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...