Cara Memandikan Bayi

http://www.ibudanbalita.netMemandikan bayi merupakan hal yang sering dilakukan, tetapi masih banyak kebiasanan yang salah dalam memandikan bayi, seperti memandikan bayi segera setelah lahir yang dapat mengakibatkan hipotermia.

Pada beberapa kondisi seperti bayi kurang sehat, bayi belum lepas dari tali pusat atau dalam perjalanan, tidak perlu dipaksakan untuk mandi berendam. Bayi cukup diseka dengan sabun dan air hangat untuk memastikan bayi tetap segar dan bersih.

Saat mandi bayi berada dalam keadaan telanjang dan basah sehingga mudah kehilangan panas. Karena itu, harus dilakukan upaya untuk mengurangi terjadinya kehilangan panas.

Loading...

Suhu ruang saat memandikan bayi harus hangat (> 25o C) dan suhu air yang optimal adalah 40o C untuk bayi kurang dari 2 bulan dan dapat berangsur turun sampai 30o C untuk bayi di atas 2 bulan.

Urutan memandikan bayi yang benar dimulai dari membersihkan wajah. Mata di bersihkan dengan kapas yang telah direndam air matang.

Lubang hidung dibersihkan perlahan dan tidak terlalu dalam dengan cotton buds yang dicelupkan ke dalam air bersih. Bagian luar telinga dibersihkan dengan menggunakan cotton buds yang telah diberi baby oil.

Kemudian wajah bayi di usap dengan waslap yang telah direndam air hangat. Setelah wajah dibersihkan, bukalah baju bayi lalu bersihkan alat kelamin dan bokong bayi dengan waslap yang direndam dalam air hangat dan diberi sabun khusus bayi.

MENARIK:  Tanda-Tanda Jika Anak Anda Sakit

Setelah selesai, bayi dapat dimasukkan ke bak air hangat. Tangan kiri ibu menyangga kepala dan memegang erat ketiak bayi sedangkan tangan kanan ibu membersihkan sabun di tubuh bayi.

Untuk membersihkan punggung bayi, balikkan badan bayi perlahan dengan tangan kanan ibu sedangkan tangan kiri ibu tetap menopang badan bayi dan memegang erat ketiaknya.

Pencucian rambut hanya dilakukan bila rambut kelihatan kotor atau ada kerak kulit kepalanya dengan mengoleskan beberapa tetes baby oil atau shampo bayi di kulit kepala bayi lalu disisir dengan sikat rambut halus untuk memudahkan lepasnya kerak di kulit kepala bayi.

Selanjutnya usap rambut dan kepala bayi dengan waslap yang direndam air hangat sampai bersih. Segera bungkus bayi dengan handuk kering dan letakkan di atas handuk kering.

Pemakaian lotion setelah mandi tidak umum dibutuhkan bayi karena justru membuat pori-pori kulit tertutup.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...