Cara Alami Mencegah dan Mengobati Sariwan Pada Balita Anda

IBUDANBALITA.NET – Sariawan atau yang dikenal istilah kedokteran Stomatitis aphtosa yaitu adalanya gangguan pada mulut yang menimbulkan perih dengan ditandai adanya permukaan cekung berwana putih kekuningan.

Sariawan ini bisa saja terjajadi pada siapa saja termasuk bisa terjadi pada bayi. Hal ini mengakibatkan sang buah hati anda menolak ASI ataupun makanan lainnya.

Cara Alami Mencegah dan Mengobati Sariwan Pada Balita Anda

Loading...

Terjadinya sariwan pada bayi dikarenakan adanya pertumbuhan jamur jenis Candida albicans yang dapat ditularkan dari puting susu ibu. Sariawan pada bayi bisa muncul di beberapa titik mulai dari mulut bayi seperti pada bagaian dalam pipi, di langit langit mulutnya atau pada gusi dan giginya.

Bayi yang berusia kurang dari 5 bulan tidak menutup kemungkinan dapat terserang sariawan yang dikarenakan infeksi jamur candida yang semakin cepat dan mengingkat.

Peningkatan jamur tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh sang anak masih belum matang, sehingga bayi kurang mampu melawan infeksi atau adanya pemberian antibiotik yang telah mengurangi tingkat bakteri sehat pada tubuh bayi sehingga memungkinkan penyebaran jamur Candida tersebut yang semakin luas.

MENARIK:  Tips dan Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Berikut ini adalah cara mencegah atau cara alami mengobati sariawan pada bayi Anda:

1.    Probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik, seperti acar, kimchi, yoghurt dan suplemen probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk jamur Candida.

Sang ibu dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung lactobacillus acidophilus, sedangkan sang buah hati dapat anda berikan suplemen yang mengandung Bifidus lactobacillus.

2.    Diet yang tepat

Untuk membangun sistem ketebalan tubuh yang kuat pada ibu dan sang buah hati Anda adalah dengan melakukan diet yang tepat. Pastikan sang ibu melakukan diet yang sehat dengan memakan makanan sehat seperti biji-bijian dan hindari makanan olahan dan gula. Jamur Candida dapat berkembang karena alergi makanan.

3.    Bawang putih

Bawang putih adalah antibiotik alami dan kuat untuk para ibu. Tambahkan bawang putih segar ke dalam masakan, agar sang buah hati juga merasakan manfaatnya.

4.    Minyak kelapa

Minyak kelapa murni merupakan anti jamur alami yang sangat ampuh dan aman untuk sang buah hati. Caranya, oleskan minyak kelapa tersebut ke puting payudara sang ibu dan mulut bayi untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur.

MENARIK:  Cara Merawat Kulit Bayi Usia 0-6 Bulan

5.    Ekstrak biji grapefruit

Ekstrak biji grapefruit adalah anti jamur yang aman untuk sang buah hati anda. Caranya, cairkan dengan air dan tetaskan ke dalam mulut sang buah hati anda. Hal ini akan terasa pahit akan tetapi khasiatnya akan terasa hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Ektraks biji grapefruit ini juga dapat digunakan untuk mencuci peralatan bayi seperti mainan, botol susu bahkan bra yang dikenakan sang ibu agar puting payudara sang ibu tetap terjaga dan steril atau bebas dari jamur.

6.    Cuka sari apel

Jamur dan cuka tidak dapat hidup berdampingan, cuka mampu mencegah pertumbuhan jamur pada mulut sang buah hati, jika sariawan sang buah hati membesar, oleskan beberapa tetes cuka sari apel tersebut ke puting payudara sang ibu.

7.    Sinar matahari

Bantuan dari sinar matahari di pagi hari dapat menghindari sariawan pada sang buah hati anda. Lakukan dengan mengajak sang buah hati anda berjemur di pagi hari karena jamur Candida akan berkembang di tempat yang lembab dan gelap. Usahakan kamar sang buah hati anda mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan ada celah untuk masuknya sinar matahari.

MENARIK:  Tanda-Tanda Jika Anak Anda Sakit

***

Nah demikianlah beberapa tips mecegah dan mengobati sariawan pada sang buah hati secara alami dan aman pastinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...