Loading...

Vaksinasi Ibu Hamil dan Pasca Persalinan

http://www.ibudanbalita.netSemua ibu harus mendapatkan imunisasi dengan paling sedikit 2 kali pemberian Tetanus Toksoid sebagai upaya pencegahan terjadinya tetanus pada ibu ataupun bayinya.

Dosis ketiga diberikan dalam 6 bulan setelah pemberian suntikan yang kedua dan 2 dosis yang terakhir diberikan paling lambat setelah satu tahun atau selama kehamilan yang berikutnya.

Bila terdapat risiko yang tinggi untuk terjadinya penularan Tuberkulosis, imunisasi BCG harus diberikan pada bayi segera setelah kelahiran.

Loading...

Vaksin Difteria-pertusis-tetanus direkomendasikan untuk semua anak pada usia 6, 10, dan 14 minggu. Bila terdapat insidens tinggi penularan Hepatitis B pada masa perinatal, dosis pertama vaksinasi Hepatitis B harus diberikan sesegera mungkin setelah kelahiran, yang diikuti dengan dosis berikutnya pada 6 dan 14 minggu.

Pelayanan pascapersalinan harus diberikan berdasarkan kebutuhan dan secara terintegrasi. Tenaga kesehatan yang terlatih dan identifikasi masalah secara dini dapat menurunkan kejadian kematian dan kecacatan, yang juga harus selalu diikuti dengan kemudahan untuk mendapatkan akses pada pelayanan rujukan dengan kemampuan untuk melakukan transfusi darah serta tindakan bedah apabila diperlukan.

Secara mudah, pelayanan pascapersalinan dijalankan dengan menggunakan jadual waktu “6 jam, 6 hari, 6 minggu, dan 6 bulan” untuk menentukan waktu kritis bagi pengenalan, pemenuhan kebutuhan, dan pencegahan komplikasi.

Pelayanan kesehatan maternal dan neonatal harus memiliki kemampuan pelayanan yang bersifat komprehensif, dapat diterima secara cultural dan memberikan tanggapan yang baik terhadap kebutuhan ibu pada usia reproduksi dan keluarganya.

Pelayanan ini harus mendapatkan dukungan dari kebijakan, kemampuan fasilitas pelayanan, pengembangan peralatan yang dibutuhkan, tenaga kesehatan yang terampil dan terlatih, penelitian, serta promosi kesehatan.

Vaksinasi Ibu Hamil dan Pasca Persalinan | Zulfadillah Ahmad, AMd.Keb | 4.5