Jadwal Imunisasi Yang Dianjurkan

http://www.ibudanbalita.netJadwal imunisasi yang dianjurkan selama dan setelah kehamilan

1. Bila sebagian besar ibu pada masa reproduksi belum pernah mendapatkan imunisasi Tetanus Toksoid (TT) pada masa anak ataupun sebelum kehamilan, direkomendasikan untuk melakukan imunisasi pada kunjungan pertama kehamilan (TT1) dan dosis kedua (TT2) paling sedikit 4 minggu setelah pemberian TT1.

Imunisasi TT3 paling sedikit 6 bulan setelah TT2. Dua dosis imunisasi yang terakhir harus diberikan dalam interval minimal 1 tahun.

Bila ibu hamil memiliki catatan pemberian imunisasi tetanus toksoid sebelum pada masa awal anak atau pada usia sekolah, ibu akan mendapatkan dosis booster selama kehamilan.

2. Segera setelah kelahiran, imunisasi BCG pada bayi direkomendasikan untuk seluruh populasi dengan risiko tinggi infeksi tuberculosis.

Pemberian dosis awal vaksin poliomyelitis oral (OPV 0) direkomendasikan segera setelah kelahiran, dan dosis pertama vaksin Hepatitis B (HB 1) di Negara dengan transmisi perinatal yang tinggi.

3. Pada usia 6 minggu, diberikan dosis pertama vaksin kombinasi untuk Difteria, Pertusis, dan Tetanus, dan Tetanus (DPT 1) bersama dengan dosis OPV 1, dan dosis HB 2.

Di Negara dengan transmisi perinatal yang rendah Hepatitis B, pemberian dosis HB 1 dapat dilakukan pada usia dini.

4. Pada usia 10 minggu diberikan vaksinasi DPT 2 dan OPV 2, serta HB 2 di Negara dengan angka transmisi yang rendah.

5. Pada usia 14 minggu diberikan vaksinasi DPT 3 dan OPV 3, serta HB 3 di semua negara.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *