Cara Menolong Kelahiran Kepala dan Bahu Bayi

http://www.ibudanbalita.netLahirnya Kepala

1. Saat kepala bayi membuka vulva dengan diameter  5 – 6 cm, lindungi perineum dengan satu tangan yang dilapisi kain, letakkan tangan yang lain dikepala bayi dan lakukan tekanan yang lembut dan tidak menghambat pada kepala bayi, membiarkan kepala keluar  perlahan-lahan. Menganjurkan ibu untuk meneran perlahan-lahan atau bernapas cepat saat kepala lahir.

2. Dengan lembut menyeka  muka,  mulut, dan hidung bayi dengan kain atau kasa yang bersih. (langkah ini tidak harus dilakukan).

3. Memeriksa lilitan tali pusat  dan mengambil tindakan yang sesuai jika hal itu terjadi, dan kemudian meneruskan segera proses kelahiran bayi  :

a. Jika tali pusat melilit leher janin dengan longgar, lepaskan lewat bagian atas kepala bayi.

b. Jika tali pusat melilit leher bayi dengan erat, mengklemnya di dua tempat dan memotongnya.

4. Menunggu hingga kepala bayi melakkan putaran paksi luar secara spontan.

Lahir Bahu

1. Setelah kepala melakukan putaran paksi luar, tempatkan kedua tangan  di masing-masing sisi muka bayi. Menganjurkan ibu untuk meneran saat kontrksi berikutnya.

Dengan lembut menariknya ke arah bawah dan ke arah luar hingga batu anterior muncul dibawah arkus pubis dan  kemudian dengan lembut menarik kearah atas dan ke arah luar untuk melahirkan bahu posterior.

2. Setelah kedua bahu dilahirkan, meneluruskan tangan mulai kepala bayi yang berada dibagian bawah ke arah perineum, membiarkan bahu dan lengan posterior lahir ketangan tersebut.

Mengendalikan kelahiran siku dan tangan bayi saat melawati perineum, gunakan lengan bagian bawah untuk menyangga tubuh bayi saat dilahirkan.

Menggunakan tangan anterior (bagian atas) untuk mengendalikan siku dan tangan anterior bayi saat kedua lahir.

3. Setelah tubuh dari lengan lahir, meneluruskan tangan yang ada di atas (anterior)  dari punggung ke arah kaki bayi untuk menyangganya saat punggung kaki lahir. Memengang kedua mata kaki bayi dengan hati-hati dan membantu kelahiran kaki.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *