Perubahan Pada Vagina dan Dasar Panggul

http://www.ibudanbalita.netJalan lahir disokong dan secara fungsional ditutup oleh sejumlah lapisan jaringan yang bersama-sama membentuk dasar panggul.

Struktur yang paling penting adalah m.levatorani dan fasia yang membungkus permukaan atas dan bawahnya, yang demi praktisnya dapat dianggap sebagai dasar panggul.

Kelompok otot ini menutup ujung bawah rongga panggul sebagai sebuah diafragma sehingga memperlihatkan permukaan atas yang cekung dan bagian bawah yang cembung.

Loading...

Disisi lain, m.levator ani terdiri atas bagian pubokoksigeus dan iliokoksigeus. Bagian posterior dan lateral dasar panggul, yang tidak diisi oleh m.levator ani, diisi oleh m.piriformis dan m.koksigeus pada sisi lain.

Ketebalan m.levator ani bervariasi dari 3 sampai 5 mm meskipun tepi-tepinya yang melingkari rectum dan vagina agak tebal. Selama kehamilan, m.levator ini biasanya mengalami hipertrofi.

Pada pemeriksaan pervaginam tepi dalam otot ini dapat diraba sebagai tali tebal yang membentang kebelakang dari pubis dan melingkari vagina sekitar 2 cm di atas hymen.

Sewaktu kontraksi, m.levator ani menarik rectum dan vagina keatas sesuai arah simfisis pubis sehingga bekerja menutup vagina. Otot-otot perineum yang lebih supervisial terlalu halus untuk berfungsi lebih dari sekedar sebagai penyokong.

MENARIK:  Dilatasi Serviks

Pada kala satu persalinan selaput ketuban dan bagian terbawah janin memainkan peran penting untuk membuka bagian atas vagina.

Namun, setelah ketuban pecah, perubahan-perubahan dasar panggul seluruhnya dihasilkan oleh tekanan yang diberikan oleh bagian terbawah janin.

Perubahan yang paling nyata terdiri atas peregangan serabut-serabut m.levatores ani dan penipisan bagian tengah perineum, yang berubah bentuk dari massa jaringan berbentuk baji setebal 5 cm menjadi (kalau tidak dilakukan episiotomy) struktur membrane tipis yang hampir transparan dengan tebal kurang dari 1 cm.

Ketika perineum teregang maksimal, anus menjadi jelas membuka dan terlihat sebagai lubang berdiamter 2 sampai 3 cm dan disini dinding anterior rectum menonjol.

Jumlah dan besar pembuluh darah yang luar biasa  yang memelihara vagina dan dasar panggul menyebabkan kehilangan darah yang amat besar kalau jaringan ini robek.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...