Gejala dan Tanda Bahaya Preeclampsia

Pada umumnya 80-90 % kehamilan akan berlangsung normal dan hanya 10-12% kehamilan yang disertai dengan penyulit atau berkembang menjadi kehamilan patologis.

Kehamilan patologis sendiri tidak terjadi secara mendadak karena kehamilan dan efeknya terhadap organ tubuh berlangsung secara bertahap dan berangsur-angsur.

Deteksi dini gejala dan tanda bahaya kehamilan merupakan upaya terbaik untuk mencegah terjadinya gangguan yang serius terhadap kehamilan ataupun keselamatan ibu hamil.

Loading...

Factor predisposisi dan adanya penyakit penyerta sebaiknya juga dikenali sejak awal sehingga dapat dilakukan berbagai upaya maksimal untuk mencegah gangguan yang berat baik terhadap kehamilan dan keselamatan ibu maupun bayi yang dikandungnya.

Preeclampsia

Pada umumnya ibu hamil dengan usia kehamilan diatas 20 minggu disertai dengan peningkatan tekanan darah di atas normal sering diasosiasikan dengan preeclampsia.

Data dan informasi awal terkait dengan tekanan darah sebelum hamil akan sangat membantu petugas kesehatan untuk membedakan hipertensi kronis (yang sudah ada sebelumnya) dengan preeclampsia. Gejala dan tanda lain dari preeclampsia adalah sebagai berikut.

MENARIK:  Indikasi dan Kontraindikasi Analgesia Epidural

1. Hiperrefleksia (iritabilitas susunan saraf pusat)

2. Sakit kepala atau sefalgia (frontal atau oksipital) yang tidak membaik dengan pengobatan umum

3. Gangguan penglihatan seperti pandangan kabur, skotomata, silau atau berkunang-kunang

4. Nyeri epigastrik

5. Oliguria (luaran kurang dari 500 ml/24 jam)

6. Tekanan darah sistolik 20-30 mmHg dan diastolic 10-20 mmHg diatas normal

7. Proteinuria (diatas positif 3)

8. Edema menyeluruh


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...