Simpul dan Lilitan Tali Pusat di Leher Janin

http://www.ibudanbalita.netSimpul Tali Pusat

Simpul tali pusat harus dibedakan dari simpul palsu pada tali pusat. Simpul tali pusat palsu merupakan variasi normal, terjadi karena varises setempat dari pembuluh darah umbilical atau akumulasi setempat dari jeli Wharton, sehingga membentuk tonjolan yang letaknya eksentrik pada tali pusat. Simpul tali pusat palsu tidak membahayakan janin.

Pada pemriksaan USG simpul palsu terlihat sebagai tonjlan ireguler pada tali pusat, berisi pembuluh darah yang terlihat kontinuitasnya. Pemeriksaan menjadi lebih nudah dengan menggunakan Color Doppler.

Simpul tali pusat dapat terjadi karena gerak janin yang berlebihan, tali pusat yang panjang, janin kecil, polihidramnion, dan kembar monokorionik.

Simpul yang terjadi mungkin longgar dan tidak membahayakan janin atau erat sehingga mengganggu sirkulasi janin dan menyebabkan kematian perinatal.

Pada pemeriksaan USG simpul tali pusat terlihat sebagai tonjolan ireguler berisi pembuluh darah umbilical yang saling bersilangan dan tidak terlihat adanya kontinuitas pembuluh darah bagian proksimal dengan bagian distal simpul.

Lilitan Tali Pusat Dileher Janin

Seperti halnya simpul tali pusat, lilitan tali pusat terjadi karena gerak janin yang berlebihan, tali pusat yang panjang, janin kecil, dan polihidramnion.

Lilitan tali pusat bisa terjadi dibagian mana saja dari tubuh janin, tetapi yang tersering adalah dibagian leher (nuchal cord). Jumlah lilitan dileher bisa sekali (terjadi pada 21,3 % kehamilan) atau ebih dari sekali lilitan (terjadi pada 3,4% kehamilan).

Lilitan tali pusat dapat menimbulkan bradikardia dan hipoksia janin, dan bila jumlah lilitan lebih dari sekali akan meningkatkan mortalitas perinatal.

Pada pemeriksaan USG lilitan tali pusat diketahui dengan melihat adanya satu atau lebih bagian tali pusat yang melingkari leher janin. Pemeriksaan akan lebih jelas dengan menggunakan Color Doppler.

Lilitan tali pusat yang eret menyebabkan gangguan (kompresi) pada pembuluh darah umbilical, dan bila berlangsung lama akan menyebabkan hipoksia janin.


Komentar Pembaca untuk “Simpul dan Lilitan Tali Pusat di Leher Janin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *