Bahaya Pemberian Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan

IBUDANBALITA.NET – Pemberian air putih pada bayi yang berusia 0-6 bulan ternyata sangat berbahaya. Hal ini kadang disepelekan oleh para ibu karena menganggap air putih baik untuk kesehatan, padahal sesungguhnya tidak untuk bayi di bawah 6 bulan.

Dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia menjelaskan bahwa pemberian air putih pada bayi di bawah 6 bulan bisa mengakibatkan sejumlah resiko kesehatan dan kerusakan organ dalam tubuh bayi.

Bahaya Pemberian Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan
Bahaya Pemberian Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan

Kebiasaan memberikan air putih pada bayi di bawah 6 bulan seringkali dilakukan oleh para ibu dengan maksud agar bayi mereka mendapatkan cukup air selain ASI. Selain itu, secara naluriah bayi memang memiliki refleks haus atau keinginan untuk minum.

Hanya saja, di balik maksud baik tersebut, sebenarnya mengintai resiko yang sangat fatal untuk kesehatan bayi. Nah, apa saja bahaya dari pemberian air putih pada bayi 0-6 bulan?

Resiko Infeksi Bakteri

Pemberian air putih pada bayi 0–6 bulan berisiko membuat bayi terinfeksi bakteri jika air yang dipakai tercemar. Hal ini akan diperparah jika perlengkapan minumnya tidak higienis, juga cara memasaknya tidak tepat dan sudah tercemar bakteri.

Gangguan Pada Otak Bayi

Ginjal bayi 0-6 bulan belum berfungsi dengan baik, sehingga jika ia diberi air putih maka air seni akan membawa serta elektrolit dalam darah, misalnya natrium, yang sebenarnya berguna bagi tubuh. Jika kekurangan zat itu, bayi berisiko mengalami kejang dan gangguan fungsi otak.

Bisa Merusak Ginjal

Fungsi ginjal bayi usia 0-6 bulan belum sempurna sehingga ketika diberikan air putih, tubuh bayi akan kelebihan air atau “keracunan” air. Hal ini bisa terjadi karena air yang masuk tidak seimbang dengan yang dikeluarkan. Ujung-ujungnya akan sangat beresiko merusak ginjal bayi.

Menyebabkan Keracunan

Penelitian Dr. Jennifer Anders dari John Hopkins Children’s Center di Baltimore Amerika Serikat membuktikan, pemberian air pada bayi di bawah 6 bulan berisiko mengakibatkan keracunan (intoksikasi).

***

Begitu tinggi resiko bahaya pemberian air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena itu, bayi usia 0-6 bulan yang minum ASI tidak perlu mengonsumsi air putih.


32 Komentar Pembaca untuk “Bahaya Pemberian Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan

  1. Baby saya setiap pagi di kasi air putih. Karna baby saya dr umr 0 blan di kasi susu formula. Karna asi ga lancar. skrng sdh usia baby saya 2 bulan. Dr smnjak ke puskesmas untuk imunisasi 1 di sarankan sama bidan qlo slsai mnm susu formula di kasi air putih. Gmn dong qlo sdh terlanjur baby sya stiap pagi di kasi air putih.

  2. ya jdi gimana benar nya, soalnya anak saya umur 3 bulan udah terserang batuk flu… trus d bawak k dokter anak dan d kasih obat racikan ya otomatis ngasi obat nya pakai air putih dong…… jdi takut juga ni

  3. saya pernah konsultasi ke dokter anak, dokter anak itu membolehkan anak bayi umur 0-6 bulan mengkonsumsi air putih tapi dengan tidak menggunakan Botol, lebih dianjurkan menggunakan sendok untuk bayi… please advice kebenaran nya… terima kasih

  4. Wktu anakku usia 1 minggu,dya sariawan dn gk mw minum asi ato pn susu formula mngkin krna pedih,trus bidan suruh ksih air putih shbis minum susu biar mulut ny bersih dr sisa susu,dn akhir ny sariawan anakku sembuh dn dy sht” ja kok.asalkn kita ksih air yg sudah drebus psti aman kok,,air putih itu byk mnfaatny

  5. pemberian air putih yg dimaksud hrs lbh jelas lagi diceritakan, krn saya memberikan air putih sejak baby sy berusia 5bln krn susah bab, stlh itu babnya jd lancar dech. mhn diinfokan jg jika pemberian air putih tersebut jg pny efek positif dg pemberian yg sesuai. terimakasih

  6. tidk semua ibu menyusui menggunakan asi da yang pake susu formula, sedangkan saat qt menyeduh susu formula saja sudah pake air putih? jd bgmn y dengan artikel yg di buat ini? mohon penjelasanny ulang deh??

  7. mgkn anak yg dulu lebih kebal dgn penyakit shg kalo konsumsi air dlm jlh byk tdk lsg sakit.utk sekarg konsumsi air putih byk lebi dari asi/susu formula utk anak usiabatita ada efeknya,perlu ditambah dgn penelitian pendukung biar lebihpas…>>

  8. kalau menulis artikel yg jelas jangan hanya sekilas yg membuat kami cemas dan mohon disertai bukti2 dan contoh kasus krn selama ini bidan kami tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut.anak kami juga sesekali minum air putih masak tapi tdk ada reaksi apaapa.

  9. Mohon kepada penulis untuk segera menjawab pertanyaan para bunda dan ayah,,,,,,jangan sampai salah paham dan membuatk kami khawatir yang sangat berlebihan.

  10. Dear penulis,
    Seharusnya untuk menuliskan suatu artikel/ informasi hendaknya disertai dengan sumber2 yg terpercaya seperti jurnal, hasil penelitian atau buku sehingga pembaca tidak salah mengartikan tulisan diatas dan jelas kebenarannya.

  11. Baby 0-6bln mmg hny butuh makanan+minuman berupa ASI, ASI dan ASI.
    smakin srg disusukan : asi smkin lancar&banyak.
    kl jarang/malas menyusui : asi jd ga lancar, bahkan mampet.
    jd dr awal lair mmg hrs srg2 disusui walopun lecet/berdarah2&blm kluar asinya,nnti bbrp hari jg dah lancar asi nya.
    lancar/ga nya asi trgantung dr tekad&keseriusan kita utk menyusui.
    jd mari kita bnr2 brtekad bulat sekuat tenaga utk menyusui baby kita^^
    semangat bunda2 cantik^^(peluk)

  12. Anak saya 5 bln asi esklusif, tapi Gimana donk kalo bayi sakit trz kita kan ke dokter otomatis dikasih obat, ga mungkin kan obat itu ga dikasih air putih,, karena wkt anak saya sakit itu dikasih obat puyer sm dokter otomatis kan pake air dan setelah saya kasih obat 1 atau 2 sendok teh saya kasih air putih,, tp dokter saya tidak bilang apa2,,,
    Terimakasih

  13. Dok dulu saya malah disaran kan sama dr umum di daerah saya disuruh ngasih minum air putih waktu anak saya kurng lbh umur 2 blan gmana ya dok? Sektang anak saya 7 blan dan saya setang kasih anak saya air puth gmana dol?

  14. Mama sya selalu memberikan air putih sejak kami anak2 nya masih bayi. kakak2 saya melakukan hal yang sama terhadap anak2 nya. kami semua tumbuh sehat dan cerdas. Begitu juga dengan anak saya yang baru berusia 5 bulan saat ini. Habis minum susu, selalu diberi air putih. Budaya ini sudah turun temurun dan tidak terjadi apa2. Semoga selalu sehat. amin

  15. artikel yg aneh. saya sudah punya 2 org anak, waktu bayi mereka sdh minum air putih dan itu adalah hal yg biasa dilakukan di Indonesia. sekarang mereka sudah besar dan sehat.

  16. saya mempunyai anak berusia 3bln dan dia minum sufor karna asi saya tdk kluar,,menurut dokter spesialis anak wkt saya periksa anak saya karna BAB pemberian air putih itu baik kok malah di anjurkan agar lidah bayi tidak berjamur,airnya sendiri harus direbus sxpun tu air kemasan galon,itu informasi yg saya tau

  17. Hmpir seminggu debayq minum air ptih krn ssah bab.. sy jd takut n was2. mg2 gak knp2 sm debayq. Infony sgt membntu bt yg bru jd ibu…

  18. weew..ternyata air putih saja punya RESIKO besar buat ginjal bayi, apalagi Air putih + Lain2. terima kasih buat referensinya, sangat bermanfaat.

  19. Saya tdk mmberikan ASI sama bayi saya, saya kasih susu formula ,, terkadang saya kasih air putih untuk menghilangkan noda putih d lidah nya,,? Sebaiknya saya bagaimana y ?

  20. Mungkin harus dijelaskan lebih detil apakah semua air putih mengandung bakteri yg membahayakan, supaya yg membaca artikel ini tidak salah kaprah. Bagaimana dengan yg terpaksa memberi sufor sejak 0 bulan? Bagaimana kalau kita pakai air kemasan dalam galon? Bagaimana kalau kita rebus dahulu air itu? Mungkin penulis harus menjelaskan bahwa yg beresiko tinggi mungkin air sumur atau sungai yg tidak dimasak dahulu.

    1. Qu jdi was2 nich, beby qu pernah sih q beri air putih, ya walau pun dlm jumlah yg gak banyak.
      Apa lgi dri 0 bulan beby qu dah q beri sufor dikarenakan Asi yg gak lancar, jdi was was..

    2. Aku setuju.. Hrsnya artikel itu ditulis dgn detail. Jgn setengah2, jd buat para bunda ga slh faham baca nya. Kan ga mungkin jg baby dksh air keran yg blm dmsk trus aperalatan yg ga bersih. Blm ada jg baby meninggal krn dksh air putih. Kl memang berbahaya, knp para dokter anak tdk ksh tau/ melarang pemberian air putih. Malah baby aku usia 3 hr oprsi jd hrs puasa dan setelah oprsi pemberian awal air putih supaya lambungnya tdk kaget baru dksh asi/ susu formula. Buat para bunda.. Jgn salah mengartikan artikel. Baca dan konsultasikan dgn dokter. Semangat ya bunda2

  21. Bagaimana jika pemberian air putih untuk bayi 0-6 bln tersebut sudah terlanjur? Seperti saya sudah 3 anak saya, semuanya pernah saya beri air putih sewaktu umur0-6 bln? Trmksh atas info nya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *