Pemeriksaan Kehamilan Dengan Gelombang Suara

http://www.ibudanbalita.netVelosimetri Doppler adalah pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang dikirimkan oleh transduser yang kemudian gelombang suara tersebut dipantulkan dengan kemudian ditangkap kembali oleh transduser.

Jadi, transduser berfungsi sebagai pengirim gelombang suara dan penerima gelombang pantulnya. Dengan alat ini energi listrik diubah menjadi energi suara yang kemudian energi suara yang dipantulkan akan diubah kembali menjadi energi listrik dan kemudian ditampilkan pada layar oscilloscope.

Dalam penggunaanya dikenal beberapa indeks Doppler yaitu:

  • Rasio S/D
  • Pulsating Indeks
  • Resistensi Indeks

Meskipun dikatakan bahwa pemeriksaan dengan menggunakan Velosimetri Doppler bersifat noninvasif sehingga tidak membahayakan janin, tetapi perlu dinigat bahwa pada pemakaiannya kita menggunakan gelombang energi suara yang kemudian dalam jaringan akan diubah sebagian menjadi energi yang lain, terutama energi panas. Oleh karena dalam penggunaan klinis batas keamanan bagi jaringan untuk mendapatkan paparan adalah ≤ 110mW/cm2.

Banyak pendapat mengenai penggunaan Velosimetri Doppler, ada yang mengatakan berguna untuk skrining pada kehamilan, ada pula menyatakan tidak berguna untuk skrining karena secara klinis tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan apabila tidak dilakukan pemeriksaan Velosimetri Doppler dan memerlukan biaya yang tidak murah untuk pemeriksaan tersebut.

Namun banyak penelitian yang menghubungkan antara penggunaan Velosimetri Doppler dengan kehamilan risiko tinggi terutama pada kehamilan dengan penyakit darah tinggi dan pada pertumbuhan janin terhambat.

Pada perkembangannya ultrasonografi dimulai dengan gambar β-scan yang relatif kasar, kemudian berkembang dengan ditemukannya teknik real time yang kemudian digabungkannya teknik ultrasound dengan pemeriksaan Doppler. Pada perkembangannya selanjutnya muncul color Doppler Imaging. Perkembangan terbaru adalah adanya Doppler angiografi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *