Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

Anak Alergi Terhadap Susu SapiTopik alergi telah menjadi rutinitas dalam kehidupan kita, dan tentunya kebanyakan orang memiliki gagasan tentang apa itu alergi . Alergi adalah suatu reaksi abnormal oleh sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu zat biasanya tidak berbahaya. Seseorang tanpa alergi tidak akan memiliki reaksi terhadap zat ini, tetapi ketika orang yang alergi bertemu pemicunya, tubuh bereaksi dengan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala alergi.

Alergi merupakan suatu kumpulan gejala sebagai reaksi imunologi tubuh terhadap suatu zat, baik itu berupa makanan atau pun sesuatu dari lingkungan. Zat yang dapat memicu alergi ini disebut dengan alergen. Alergi dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Bila kedua orang tua, atau salah satu orang tua menderita alergi, maka sang anak pun beresiko untuk mengalami hal yang serupa.

Apakah kulit si kecil tampak kemerahan dan gatal setiap kali minum susu, atau timbul gejala lain seperti diare atau kolik ? Jangan-jangan ia alergi susu sapi. Bagaimana agar sang buah tetap dapat tumbuh optimal walaupun mengalami alergi susu sapi ?

Loading...
MENARIK:  Waspadai Diare Pada Anak

Susu sapi tercatat sebagai protein yang menjadi salah satu pemicu alergi pada anak. Seperti kita ketahui, protein di dalam susu sebenarnya ada dua yaitu kasein dan whey. Kasein yang jumlahnya mencapai 76 – 86% merupakan penyebab alegi terbanyak pada susu.Pada anak yang hipersensitif, protein tersebut dapat memicu terbentuknya zat antobodi yang disebut immunoglobulin E (IgE).

Antibodi inilah yang menyebabkan pelepasan histamin, atau yang menimbulkan berbagai reaksi alergi dalam tubuh.Saat anak mengkonsumsi susu sapi, tubuhnya akan terbentuk antibodi. Semakin lama ia mengkonsumsi, semakin tinggi antibodinya. Ketika sudah melewati ambang batas antibodi, muncullah alergi.

Gejala alergi susu sapi sangat beragam.Diantaranya kulit menjadi kemerahan, gatal, bengkak, dan eksim.Alergi juga dapat mengganggu saluran pencernaan yang mengakibatkan mual, muntah, diare, dan sakit perut. Sementara pada saluran pernafasan, menifestasi alergi dapat berupa batuk pilek berulang, sesak nafas dan asma.

Namun tak perlu khawatir ayah dan bunda…Meski anak mengalami alergi susu sapi, bukan berarti anak tak bisa hidup sehat dan tumbuh optimal. Salah satu penanganan dasar dan efektif untuk mengatasi alergi susu sapi ini adalah menghindarinya. Jadi penggantinya bisa mencari susu yang berbahan dasar isolat kedelai dapat menjadi alternatif bagi para anak yang mengalami alergi susu anak. Dan mungkin sekarang sudah lumayan banyak susu untuk anak yang berbahan dasar isolat kedelai ini atau yang lebih dikenal dengan susu kedelai.

MENARIK:  Merangsang Anak Agar Cepat Berbicara


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...