Gambaran Velosimetri Doppler pada Kehamilan Normal

http://www.ibudanbalita.netPada trimester

Gambarannya adalah pertama puncak sistolig tinggi dengan diikuti penurunan aliran diastolik. Ini menunjukkan bahwa tahanan pembuluh darah uterina masih tinggi. Pada awal kehamilan bisa ditemukan akhir diastolic notch.

Pada Akhir Trimester Kedua

Puncak sistolik kemudian diikuti dengan komponen distolik yang melebar. Ini menujukkan menurunnya hambatan pada placental bed. Peningkatan hambatan pada placental bed berhubungan dendan adanya hambatan pertumbuhan pada janin.

Pada velosimetri Doppler didapatkan gambaran menghilangnya gambaran akhir distolik atau pada keadaan yang ekstrem terdapat gambaran terbaliknya akhir diastilik.

Karena informasi ultrasound dihasilkan oleh spektrum analisis dari gelombang ekho (gelombang pantul), ketika organ target dibombardir dengan energi suara, ultrasound harus dianggap sebagai prosedur yang invasif jika berdasarkan teori tentang risiko terjadinya kerusakan jaringan.

Energi suara dalam jaringan akan diubah menjadi bentuk energi yang lain. Kebanyakan energi suara akan diubah menjadi energi panas yang akan berubah secara proposional sesuai dengan energi yang dipancarkan.

Dengan frekuensi yang rendah akan diubah menjadi energi gerak yang disebut dengan resonansi (resonance). Pada pemakainan ultrasound untuk diagnostik tidak terdapat resonansi dan kenbanyakan energi ultrasound diubah menjadi energi panas.

Dalam penggunaan klinik batas keamanan bagi jaringan untuk mendapatkan paparan ultrasound adalah ≤ 110 mW/cm2. Kebanyakan instrumen yang dipergunakan sekarang tenaga maksimum yang dihasilkan kurang dari 50 mW/cm2.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *