Tanda-Tanda Jika Anak Anda Sakit

Tanda-Tanda Jika Anak Anda SakitDalam hal merawat sang buah hati yang paling sulit itu adalah mengetahui kondisi sang bayi itu sakit atau tidak.

Pasalnya kita tidak bisa mengetahui apa yang buah hati kita rasakan. Hal tersebut juga terjadi karena  sang buah hati belum bisa berkomunikasi dan hanya akan menangis.

Jadi kita hanya bisa mengAndalkan pada reaksi tubuh mereka, dan untungnya bayi selalu memberikan tanda-tanda bila ia sedang merasa tidak sehat.

Loading...

Tanda tanda itu dapat sangat nyata atau kurang nyata. Demam atau dingin, muntah dan biduran adalah beberapa tanda yang nyata yang bisa kita ketahui.

Tanda yang kurang nyata antara lain menjadi pasif atau cengeng atau rewel, tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, berkurangnya selera makan atau tidak buang air besar dalam beberapa hari.

Berikut ini adalah tanda-tanda jika sang buah hati Anda sedang sakit:

Kulit kuning (jaundice)

Bila kulit sang buah hati Anda menguning, segeralah hubungi dokter, karena kondisi ini biasa muncul pada bayi yang baru saja lahir dan menAndakan liver bayi tidak berfungsi dengan baik.

Perubahan selera makan

Jika sang buah hati Anda berkali kali menolak makan atau tidak selera makan, segeralah hubungi dokter.

MENARIK:  Jika Bayi Anda Prematur

Perubahaan mood

Jika sang buah hati Anda menjadi pasif atau menjadi cengeng atau rewel dan sulit untuk detenangkan, segeralah hubungi dokter.

Tubuh terasa panas atau dingin

Jika tubuh sang buah hati terasa panas atau dingin itu biasanya reaksi tubuh terhadap infeksi. Dan salah satu cara yang paling baik dalam mengukur suhu tubuh bayi adalah memakai thermometer rektal atau oral yang ditempatkan di dubur atau mulut sang bayi.

Bila temperaturnya lebih dari 38′ C  berarti sang buah hati Anda sedang demam. Bila sang buah hati Anda 3 bulan dan demam, apalagi diiringi dengan gejala lainnya seperti biduran, segeralah hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Muntah dan diare

Muntah dan diare atau mencret ini biasanya disebabkan oleh infeksi, masalah pencernaan dan penyakit lainnya. Keduanya penyakit ini sangatlah berbahaya untuk sang buah hati Anda.

Kedua penyakit ini sangatlah berbahaya bagi bayi karena dehidrasi, tanda tanda bayi yang dehidrasi adalah tidak mengompol atau pipis dalam waku enam jam atau lebih, menangis tanpa mengeluarkan air mata dan mulutnya tidak berliur.

MENARIK:  Tips Menyusui Dengan ASI

Hal ini akan membuat sang buah hati Anda menjadi lemah, sangat mengantuk dan sulit untuk dibangunkan. Jika terjadi gejala sperti yang disebutkan tadi segeralah membawanya ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Masalah telinga

Jika sang buah hati Anda cengeng atau rewel , demam, dan suka menarik atau menekan-nekan telinganya, dia mungkin terkena infeksi telinga.

Infeksi telinga adalah hal yang umum pada bayi dan hal ini tidak terlalu berbahaya, namun tetap Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan antibioatik untuk sang buah hati Anda. Jika malaha infeksi telinga ini tidak ditangani bisa menyebabkan maslah pada pendengar yang permanen.

Biduran atau ruam

Jika sang buah hati Anda mengalami biduran atau ruam yang luas segeralah hubungi dokter terutama jiga di ikuti gejala demam.

Sulitnya buang air besar

Jika sang buah hati Anda sulit buang air besar segeralah hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya bayi memiliki kebiasaan buang air besar sendiri, ada yang setiap hari dia buang air besar, dan ada juga yang hanya beberapa hari sekali. Jika sang buah hati Anda tidak buang air besar sesuai pada pola biasanya itulah yang patut kita waspadai.

MENARIK:  Cara Memandikan Bayi

Masalah mata

Jika salah satu mata atau kedua dari mata sang buah hati Anda memerah atau mengeluarkan kotoran jika dalam bahasa jawa itu “ketapan”, maka periksalah ke dokter.

Jatuh atau terbentur pada bagian kepala

Setiap bayi pasti pernah merasakan jatuh, semakin ia besar, semakin sering ia jatuh. Jadi bagaimanapun Anda harus berhati-hati untuk menjaganya.

Jika ia jatuh dari kurasi yang tinggi atau terlepas dari gendongan Anda, Anda harus mengecek kondisi kesehatannya dalam 24 jam. Dan bila ia mengangis setelah jatuh, itu tandanya lukanya tidak terlalu serius.

Segeralah bawa sang buah hati Anda ke doter bila dia mulai terlihat lemah atau bingung, sulit menggerakkan anggota badannya, mengalami mimisan, focus matanya menjadi bersilangan, ukuran pupil tidak sama, atau sampai muntah muntah, sering menangis jika salah satu bagian tubuhnya tertentu disentuh.

####

Nah itulah beberapa tanda dari sang buah hati Anda yang sedang bermasalah atau terserang suatu penyakit. Tetapi semoga saja sang buah hati kita sehat selalu.


2 Komentar Pembaca untuk “Tanda-Tanda Jika Anak Anda Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...