Tips Menyusui Bayi Pasca Operasi Caesar

Tips Menyusui Bayi Pasca Operasi Caesar Sesuai Anjuran DokterAda banyak wanita memilih persalinan dengan cara operasi caesar, baik itu hanya sekedar pilihan keluarga maupun atas berbagai macam pertimbangan medis yang di anjuran oleh dokter untuk melakukan operasi caesar.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap bayi yang terlahir ke dunia ini, membutuhkan asupan ASI sebagai nutrisi yang paling pertama dan paling baik bagi pertumbuhan bayi.

Namun pada kondisi si ibu yang masih lemah, ibu yang akan menyusui bayinya sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan kondisi tubuh setelah proses operasi caesar.

Bayi yang terlahir melalui operasi caesar kemungkinan besar akan terlihat seperti lesu dan akan lebih sering tidur dikarenakan bayi tersebut terkena imbas dari obat anestesi pada saat operasi caesar.

Dalam kondisi seperti ini, si bayi masih sangat lemah dan masih sangat sulit untuk menghisap ASI. Alangkah lebih baik jika pemberian ASI ini dilakukan sejak awal bayi dilahirkan sebab hal ini dapat membantu uterus untuk berkontraksi serta kembali pada ukuran semula dengan sangat cepat.

Selain itu proses pemulihan kondisi tubuh Anda juga dapat terbantu dengan baik. Hal tersebut hanya dapat dilakukan ketika dokter memutuskan untuk memberi bius lokal pada tubuh Anda sehingga bayi dapat dengan segera menyusui pada ibunya setelah lahir.

ASI dapat langsung diberikan ketika masih di dalam ruang operasi setelah proses kelahiran bayi tersebut selesai. Anda juga dapat meminta bantuan suami atau keluarga Anda agar dapat memposisikan bayi agar lebih nyaman ketika menyusui. Suami dan keluarga sebaiknya ikut terlibat dalam membantu Anda agar bayi tetap merasakan kenyamanan.

dalam hal ini sebaiknya Anda tidak perlu cemas ketika melahirkan dengan operasi caesar sebab banyak dokter yang sangat menyadari begitu pentingnya asupan ASI serta kebersamaan Anda dan bayi pasca kelahiran, dengan catatan tidak terdapat masalah pada Anda ataupun bayi Anda. Selain itu ada beberapa cara untuk ibu agar dapat menyusui ketika ibu masih berada dalam masa pemulihan pasca operasi caesar.

Di bawah ini ada serangkaian tips agar ibu biasa menyusui bayi setelah selesai operasi:

  1. Anda dapat meminta bantuan pada konsultan ahli agar dapat memberikan contoh posisi tidur yang miring serta mengempit (diantara lengan dan badan) bayi ketika anda menyusui. Posisi seperti ini bisa melindungi luka bekas operasi pada tubuh ibu serta mengurangi beban pada tubuh bayi.
  2. Jika Anda memilih posisi duduk, Anda dapat menggnakan kursi yang berlengan serta memiliki sandaran yang tegak (tidak duduk di atas tempat tidur yang ada di rumah sakit). Jika diperlukan Anda dapat menambahkan bantal pada sisi ibu agar dapat mengangkat tubuh sang bayi sama tinggi dengan payudara Anda agar dapat melindungi bekas luka bedah Anda.
  3. Ajak suami Anda untuk melihat para konsultasi ahli dalam membantu Anda ketika mengatur posisi untuk menyusui bayi dengan nyaman dan benar. Sehingga ketika Anda keluar dari rumah sakit, suami Anda nantinya biasa membantu Anda mengatur posisi bayi.

Pemulihan kondisi badan setelah operasi caesar memang terdengar sangat sulit apalagi jika ditambah dengan merawat bayi. Dengan berjalannya waktu, ketekunan, kesabaran, serta bantuan dari suami dan keluarga maka ibu serta bayi Anda akan bias mencapai hubungan yang harmonis ketika menyusui.