Tips Untuk Menghadapi Proses Persalinan Secara Caesar

Tips Untuk Menghadapi Proses Persalinan Secara CaesarOperasi caesar adalah merupakan salah satu proses persalinan atau mengeluarkan bayi dari rahim tanpa melalui jalan (liang) lahir atau vagina, tapi melalui pembedahan, yang dilakukan di perut ibu (laparatomi) dan rahim (histerotomi).

Pada proses persalinan secara caesar, ada yang dengan alasan medis, ada juga yang direncanakan. Pada operasi caesar yang direncanakan ini, tidak menunggu kontraksi sebagaimana kelahiran normal. Proses persalinan melalui operasi caesar umumnya berlangsung sekitar satu jam.

Yang perlu diperhatikan jika terjadi PPH atau post partumhaemorrhage (pendarahan yang banyak melebihi 500 ml), karena pengirisan dinding uterus yang sedang mengandung akan menimbulkan pendarahan yang hebat, namun pendarahan ini jarang sekali mencapai jumlah yang berlebihan dan jika hal ini terjadi maka dapat diatasi dengan melakukan transfusi darah.

Jika kehamilan anda memasuki 9 bulan, maka anda dokter anda akan memberi tahu proses persalinan dilakukan secara normal atau secara operasi. Oleh karena itu akan timbul perasaan yang kurang nyaman, tidur tidak nyenyak, gelisah takut dan kecemasan lainnya.

Untuk mengurangi rasa kecemasan itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk menghadapi proses persalinan secara caesar, yaitu :

  • Tetap menjaga komunikasi yang baik dengan dokter. Jika anda sudah setuju melakukan persalinan secara caesar, komunikasikan segala sesuatunya dengan dokter anda. Jangan sungkan untuk berkeluh ataupun mendiskusikan kesehatan anda pada dokter.
  • Mempersiapkan perlengkapan yang hendak di bawa ke rumah sakit. Jika anda telah merencanakan persalinan secara caesar, biasanya tanggal persalinan telah direncanakan. Oeh sebab itu, persiapkan barang-banrang yang dibutuhkan ibu dan bayi pada saat di rumah sakit nanti.
  • Biaya rumah sakit. Persiapkan biaya ekstra jika anda dan pasangan anda memilih persalinan secara caesar. Biaya persalinan secara caesar memakan biaya yang lebih mahal dari biaya persalinan normal. Namun besar kecilnya biaya, tergantung dari rumah sakit dan kamar inapnya sendiri.
  • Diskusikan dengan dokter anda mengenai rasa sakit. Perlu anda ketahui bahwa rasa sakit pasca melahirkan caesar sangat terasa dibandingkan degan persalinan normal. Jahitan bekas persalinan caesar pun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Sehingga, siapkan mental, psikis, dan juga kondisi tubuh agar tetap fit. Selain itu bahas rasa sakit yang ditimbulkan setelah operasi dengan pasangan dan keluarga anda untuk meringankan beban psikis pada ibu yang telah melahirkan secara caesar.
  • Buatlah kenyamanan pada rumah anda. Demi menyambut sang buah hati yang akan lahir, ada baiknya anda mengatur dan membereskan rumah anda sebelum dia lahir. Karena, setelah ibu melakukan persalinan caesar, gerak tubuh ibu sangat terbatas.


2 Komentar Pembaca untuk “Tips Untuk Menghadapi Proses Persalinan Secara Caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *