Tips dan Cara Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

Anjuran Dokter Kandungan Untuk Merawat Luka Pasca Operasi CaesarBanyak wanita hamil yang mendambakan melahirkan dengan proses normal. Tetapi karena beberapa kasus, proses normal tidak memungkinkan sehingga persalinan harus dilakukan dengan operasi caesar.

Sekarang ini banyak sekali wanita yang lebih memilih untuk melakukan persalinan secara operasi caesar jika dibandingkan dengan melakukan persalinan secara normal.

Namun yang perlu anda ketahui terdapat bahaya besar yang dapat mengancam Anda jika Anda tidak mengetahui cara yang baik dan benar untuk merawat luka bekas proses operasi caesar.

Meskipun melakukan persalinan dengan cara operasi caesar ini lebih cepat namun tidak dengan rasa sakit yang dirasakan ketika melahirkan secara normal. Proses penyembuhan pasca melakukan operasi caesar ini sangat lama dibandingkan persalinan normal.

Waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar ini kurang lebih 3 minggu sampai 4 minggu, namun hal ini masih bisa saja lebih. Yang perlu Anda pikirkan ialah bagaimana cara yang baik dan juga benar ketika merawat luka bekas operasi ini, karena jika tidak hal ini dapat mengakibatkan infeksi yang dapat memperpanjang masa penyembuhan.

Ada beberapa tips dan cara untuk merawat luka bekas operasi yang dapat Anda lakukan di rumah sebagai berikut :

1.   Jagalah kebersihan pada luka bekas operasi.

Luka bekas operasi caesar ini pada dasarnya tidak berbeda dengan luka bekas operasi yang lainnya. Yang paling penting pada proses penyembukan luka bekas operasi yang cepat ialah tetap menjaga luka tersebut dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Menjaga kebersihan pada luka bekas operasi ini merupakan cara yang sangat penting. Seperti ketika selesai mandi Anda dapat membersihkan luka bekas operasi tersebut menggunakan cairan antiseptik serta antibiotic yang telah dianjurkan oleh dokter.

Ketika Anda membersihkan luka bekas operasi tersebut, sebaiknya Anda menggunakan cotton bud atau kapas. Sebelumnya pastikan juga kedua tangan Anda tetap bersih. Sebaiknya tidak membungkus luka bekas operasi dengan terlalu ketat, sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi.

2.   Gunakan pakaian yang longgar dan juga nyaman.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda diharuskan menggunakan perban yang tidak terlalu ketat supaya luka bekas operasi tersebut tidak terkena iritasi. Hal ini juga sangat berlaku ketika Anda memilih pakaian.

Jika Anda telah terbiasa menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya anda menggantinya dengan pakaian yang sedikit longgar untuk beberapa waktu. Jenis pakaian yang sedikit longgar yang harus Anda gunakan diantaranya ialah pakaian dalam, kaos, piyama, celana ataupun rok. Baby doll dan juga daster merupakan pakaian yang cukup longgar yang paling di sarankan.

3.   Lakukan kegiatan olahraga yang ringan.

Olahraga yang ringan seperti halnya jalan santai dapat membantu dalam proses penyembuhan. Olahraga yang ringan juga dapat mencegah konstipasi serta penggumpalan darah. Selain dari itu, hal ini juga dapat membuat sirkulasi darah pada tubuh meningkat.

Olahraga juga bisa membuat sistem imun menjadi meningkat dan membantu untuk mencegah terjadinya pneumonia atau terjadinya gangguan pada kesehatan umun yang di akibatkan operasi caesar. Biasakan untuk berjalan santai mengelilingi kompleks pada pagi hari selama kurang lebih 15 menit.

4.   Perawatan rutin dari dalam menggunakan makanan.

Selain melakukan perawatan luka dari luar sebaiknya Anda juga memperhatikan perawatan luka bekas operasi langsung dari dalam. Seringlah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak gizi serta nutrisi yang seimbang.

Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C serta gandum utuh yang ada pada sereal maupun roti gandum bagi sarapan pagi.

Untuk menu makan siang Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein serta beta karoten. Selain itu makanan wajib untuk di konsumsi oleh wanita yang menjalani penyembuhan ialah protein, mineral, zinc, dan juga vitamin.


8 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

  1. lahirkan anak pertama aku cesar dan skg sdh 1 thn..kira2 boleh jedah brapa lama ya aku bs hamil lg?(hrs menunggu 5 tahun kah)dan apakah kalo sdh cesar utk lahiran ke 2 dn seterusnya psti cesar juga?mohon share nya bila ada yg sdh berpengalaman..thanks..

    View Comment
  2. gimana ya cara mengatasi menurunkan berat badan agar tidak bertambah gemuk, karena setelah operasi cesar berat badan bertambah terus perut tambah buncit berpengaruh terhadap luka didalam rahim bekas jahitan didalam perut
    selalu mengalami perih/sakit.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *