Jadwal Makan Bayi yang Sebenarnya


Jadwal Makan Bayi yang SebenarnyaKebutuhan gizi yang seimbang untuk bayi adalah hal yang harus di perhatikan bagi para orangtua. Jadwal makan bayi yang tepat harus Anda lakukan secara rutin dan diberikan mulai dari pagi hari si kecil bangun hingga malam hari sebelum tidur.

Pemberian makanan bayi yang baik dan sehat pun harus berupa makanan yang mengandung semua komposisi yang dibutuhkan oleh bayi yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikanlah jadwal makan bayi Anda yang baik dan benar agar apa yang dikonsumsinya sejak dini dapat berkembang dengan cepat sesuai dengan yang Anda harapkan.

Selain itu, makanan yang Anda sajikan pun harus bervariasi dalam menu hariannya setiap minggu agar si kecil tidak merasa bosan. Jenis makanan yang bervariasi pun dengan tetap memperhatikan komposisi makanan 4 sehat lima sempurna.

Jika Anda telah mengetahui pemberian jadwal makan bayi yang tepat, maka jangan memberikan snack atau camilan menjelang waktu makannya. Hal ini untuk menghindari nafsu makannya yang besar. Namun bila Anda ingin tetap memberikan camilan satu jam sebelum waktu makannya, Anda bisa memberikan si kecil snack yang sehat berupa buah ataupun sayur.

Berikut ini adalah jadwal makan bayi yang tepat sesuai dengan usia bayi berdasarkan rekomendasi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) :

Pemberian ASI eksklusif

  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI.
  • Pukul 08.00 (makan pagi) Bubur susu.
  • Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 12.00 (makan siang) ASI.
  • Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI.
  • Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 18.00 (makan malam) Bubur susu.
  • Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI.
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI.
  • Pukul 08.00 (makan pagi) Nasi tim.
  • Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 12.00 (makan siang) Nasi tim.
  • Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI/PASI.
  • Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 18.00 (makan malam) Nasi tim.
  • Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI.
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI.
  • Pukul 08.00 (makan pagi) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim).
  • Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 12.00 (makan siang) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim).
  • Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI/PASI.
  • Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit.
  • Pukul 18.00 (makan malam) Makanan keluarga (peralihan dari nasi tim).
  • Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI.
  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI/PASI.
  • Pukul 08.00 (makan pagi) Makanan keluarga.
  • Pukul 10.00 (camilan) Biskuit.
  • Pukul 12.00 (makan siang) Makanan keluarga.
  • Pukul 14.00 (sebelum tidur siang).
  • Pukul 16.00 (camilan) Biskuit.
  • Pukul 18.00 (makan malam) Makanan keluarga.
  • Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI/PASI.

    0 – 4 bulan.
4 – 6 bulan (bertahap).
6 – 9 bulan (bertahap).
9 – 12 bulan (bertahap).
12 bulan.

Jadwal makan bayi di atas merupakan sumber dari IDAI yang dapat Anda ikuti sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pada usia bayi 9 – 12 bulan sudah dapat diberikan makanan keluarga yaitu makanan yang Anda buat sendiri sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Selain itu, untuk snack atau camilan dapat Anda berikan berupa buah, biskuit ataupun makanan sehat yang Anda buat sendiri dalam komposisi buah atau susu.

Maka dari itu, agar proses tumbuh kembang si kecil tetap sehat, maka sedari dini pula Anda harus memberikan jadwal makan bayi yang baik dan benar agar lebih teratur dalam pola makannya.


14 Komentar

  1. anak berumur 7 bulan jadwal makannya pagi makan bubur saring siang minum susu formula dan sore pukul 18.00 makan bubur saring pertanyaannya apa tidak masalah anak berusia 7 bulan tidak diberi makan bubur tapi hanya diberi susu formula??

  2. Kalau bayi berumur 6 bulan belum diberi makanan tambahan boleh ngga dok?

  3. Wah.. sangat bermanfaat sekali ilmu nya.
    mudah-mudahan saya bisa terapkan ke anak pertama saya.

    terimakasih….

  4. minta infonya dong buat anak sy yg skrng berumur 7 bulan susah banget mkn klo di ksh mkn selalu muntah dan berat badannya skrng turun.boleh g yah bayi 7 bulan di kasih vitamin agar nafsu makannya bertambah

  5. anak saya susah kalau makan makanan tambahan pendamping asi seperti bubur dan nasi tim….

  6. Selamat sore bu
    Mau nanya.anak saya perempuan umur 6 bulan
    Waktu umur 5 bulan berat badan nya 6 kg.
    Dan sekarang anak saya umur nya hampir 7 bulan berat nya turun hmpir 1kg lebih
    Makan nya sekarang agak susah
    Yg jadi pertanya.an adalah makanan apa yg terbaik untuk anak saya supaya makan nya nafsu
    Sekian terimakasih
    Febry surabaya

  7. Selamat sore bu
    Mau nanya.anak saya perempuan umur 6 bulan
    Waktu umur 6 bulan berat badan nya 6 kg
    Dan sekarang anak saya berat nya turun 5kg lebih
    Makan nya sekarang agak susah
    Yg jadi pertanya.an adalah makanan apa yg terbaik untuk anak saya supaya makan nya nafsu
    Sekian terimakasih
    Febry surabaya

  8. puspa deei says:

    kalaw bayi 0-4bulan boleh gak dikasih makan buah….?!!!!?????

  9. Iya kl susah makan pastinya sekali makan menghabiskan waktu minimal 1jam baru selesai eee sudah mendekati jam makan selanjutnya.
    Dan lagi sepertinya waktunya habis buat ngurusin bayi terus kl ga punya pembantu siapa yg ngurusi rumah, sprt masak, mencuci piring, baju dan bersih2 rumah. Belum kepotong dgn mandi, pup, pipis sholat dan makan. Apalagi kl punya anak lebih dari 1. Dan lebih jengkel lagi kalo bapaknya ga pengertian bukannya membantu tapi malah ngerepotin minta bikin ini dan itu, minta di pijitin minta belikan ini dan itu

  10. kalau sudah di atas 2 tahun apa ada perbedaan mbak?

  11. Abrar Tandjung says:

    Usia bayi saya 11 bln 5 hari; aktif cuman susah makan tatapi untuk ASI mau.
    Yang jadi pertanyaan bagaimana caranya agar si bayi mau makan dan makan apa yang cocok untuk bayi se usia dia ? Trms _ Abrar _ Jakarta

  12. saya mempunyai anak 1,5thn,batuknya belum bisa sembuh total,kambuh setalah obat dari dokter habis,kurang lebih semingguan kambuh lg,padahal baru beberapa hari sembuh sdh kambuh lg,apakah krn batuknya,anak saya jadi ngga nafsu makan,kalaupun mau makan susah juga,gampang muntah,berat badan anak saya sekarang 7kg an,berdasar umur idealnya berat badan anak saya harusnya 10kg an,bagaimana solusi utk anak saya dg gambaran trsebut,terima kasih… antok bali..

  13. Terimakasih untuk ibudanbalita.net GOD BLESS YOU

  14. Sore bu,baby saya berumur 16 bulan,,bagaimana cara mengatur jam mkn yg benar,,,karena anak sy susah diajak mkn,,thx

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>