Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Pada AnakMengobati batuk berdahak pada anak kecil sebenarnya mudah, tetapi kebanyakan orang tua sudah terlalu cemas terlebih dahulu sehingga menempuh cara cara yang tidak direkomendasikan oleh dokter dalam mengobati batuk berdahak pada anak.

Bagi anda yang memiliki anak dan merasa kerepotan jika anak anda mulai sakit batuk, pasti anak tersebut menjadi rewel dan tidak mau bermain.

Jika anda memberi obat-obatan yang dijual secara bebas diluar sana, terkadang anda merasa takut akan efek dari bahan kimia yang terkandung di dalam obat.

Loading...

Efek samping yang terkandung dalam obat batuk biasanya tidak sedikit. Maka dari itu untuk mengatasi masalah batuk ini kita bisa membuatkan ramuan sendiri yang dibuat dari bahan-bahan alami yang berada di sekitar kita.

Setidaknya ada 2 macam ramuan obat batuk yang bisa kita buat sendiri di rumah, ramuan obat batuk ini memiliki fungsi sebagai pengencer dahak atau ekspektoran sehinnga mampu memudahkan keluarnya dahak dan meringankan gejala batuk pada anak.

Selama sakit batuk sebaiknya sang anak tidak diperbolehkan makan makanan seperti gorengan, minum es dan makan yang manis seperti permen, coklat dan lain-lain.

MENARIK:  Bepergian Jauh dengan Balita

Berikut ini adalah beberapa resep untuk membuat obat batuk berdahak pada anak kecil:

Ramuan Obat Batuk 1

Bahan:

  • 1 ½ sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 4 sendok makan madu murni alami
  • 5 sendok makan air matang yang dingin

Cara membuatnya:

Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk secara merata lalu dikukus. Setelah jadi berikan kepada anak dengan dosis yang sesuai.

Dosis:

  • Anak usia 1 hingga 6 bulan berikan 4 x ½  sdt perhari
  • Anak usia 7 hingga  11 bulan berikan 4 x 1 sdt perhari
  • Anak usia 1 hingga  2 tahun berikan 4 x 1 sdm perhari
  • Anak usia 2 hingga 5 tahun berikan 5 x 1 ½ sdm perhari

Ramuan Obat Batuk 2

Bahan:

  • 1 gengam bunga belimbing wuluh segar
  • 1 siung bawang merah
  • ¼ bagian buah pala
  • 1 sendok makan gula batu
  • ½ gelas air biasa

Cara membuatnya:

Irislah bawang merah menjadi 4 bagian, lalu buah pala dipukul menjadi bagian yang kecil-kecil, setelah itu campurkan semua bahan ke dalam mangkok kecil, lalu tutup, kemudian kukus selama 1 jam, lalu air rebusan tersebut disaring dan air hasil saringan tersebut ini diberikan kepada anak untuk diminum sesuai dengan dosisnya.

MENARIK:  Hemostasis dan Penutupan Luka Pada Perawatan Intraoperatif

Dosis:

  • Anak usia 7 hinnga 11 bulan berikan 4 x 1 sdt perhari
  • Anak usia 1 hinnga 2 tahun berikan 4 x 1 sdm perhari
  • Anak usia 3 hinnga 5 tahun diberikan 4 x 1 ½ sdm perhari

Nah, itulah beberapa cara mengobati batuk berdahak pada anak dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami, semoga bermanfaat dan semoga anak anda lekas sembuh.


26 Komentar Pembaca untuk “Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

  1. Madu itu imunitas,bunda” d ayah”,,bukan tidk baik untuk bayi maupun balita,hanya saja di perhatikan dosis pemberiannya,,,terlalu banyak juga ga bagus buat anak”,contohnya madu sumbawa di daerah Q,,sumbawa barat NTB,,madu asli loh,,

  2. Ibu ibu cerdas, madu (semua jenis n merk) tidak diperbolehkan untuk anak dibawah 1 thn, karena ada bakteri yg dikhawatirkan meracuni bayi krn pencernaanya blm sempurna. Baca jg ttg panduan mpasi. Salam

  3. Anak saya dari 0 bulan tidak Imunisasi , hanya minum ASI dan Madu Syamil Alhamdulillah sehat selalu

    Untuk Ibu ibu yang was was tentang madu tidak usah ragu berikan saja pada anak dari 0 bulan sesuai takaran.REkomendasi madu untuk bayi adalah MADU SYAMILL

  4. trims untuk infonya..untuk yg belum tau manfaat madu..jangn kuatir, justru madu murni sangat bermanfaat bagi bayi dan balita. madu dapat meningkatkan imunitas.itu juga sebagai imunisasi alami..sya sudah buktikan sendiri.khasiatnya pada anak saya usia 1 bulan- sekarang 19 bulan.masih rutin minum madu..bahkan sebelum anti biotik di temukan di dunia ini madulah yg pertama di gunakan.

  5. Resep obat batuk Ɣªήƍ pertama, di kukus nya brp lama(menit/jam) ya? Soalny d atas †iϑäK dijelaskan.
    Makasih

  6. Hi, Neat post. There’s an issue with your website in internet explorer, might check this?

    IE nonetheless is the market chief and a huge part
    of other folks will omit your magnificent writing because of this
    problem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...