Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Melahirkan

Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Melahirkan Tidak dapat di pungkiri seorang perempuan atau ibu yang sudah melahirkan, tentunya sangat merasakan letih, lelah, pegal, nyeri dan sebagainya. Pasca melahirkan itu seorang ibu bagai telah melewati masa-masa kritis antara hidup dan mati, bagai telah melewati sebuah pertandingan sepak bola di final.

Seperti yang kita ketahui, seorang ibu membutuhkan proses pemulihan pasca melahirkan itu, agar seluruh tubuhnya dapat kembali normal sama seperti sebelum ibu melahirkan. Masa pemulihan tersebut berlangsung kurang lebih selama 40 hari setelah melahirkan.

Masa nifas atau masa setelah ibu melahirkan sangat membutuhkan perhatian yang lebih sama halnya ketika ibu masih mengandung, terutama kebutuhan akan makanan yang mengandung zat gizi serta cairan dalam tubuh.

Loading...

Selain itu perubahan hormon setelah melahirkan harus segera anda hadapi. Jika anda tidak memperhatikan keadaan tubuh anda maka peran anda sebagai ibu akan terasa sangat melelahkan.

Jika anda tidak segera mengatasinya, kondisi tersebut bisa menyebabkan postpartum depression atau depresi setelah melahirkan yang tidak berakhir lebih dari 10 hari, hal ini disebabkan karena ibu belum bisa menyesuaikan keadaan setelah melahirkan tersebut.

MENARIK:  Ciri-Ciri Bayi Yang Kekurangan Gizi

Siasatilah hal tersebut melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan selain dapat mempercepat sebuah proses pemulihan, makanan juga dapat berpengaruh terhadap mood, juga meningkatkan kualitas pada ASI.

Berikut sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi pasca melahirkan :

  • Susu,

Susu tidak hanya bayi saja yang sangat membutuhkannya, namun sang ibu pun sangat membutuhkan susu bagi kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

  • Minyak Omega-3,

Sebaiknya Ibu banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak minyak omega-3. Minyak omega-3 dapat membantu menangani depresi, dan meningkatkan fungsi pada otak. Minyak omega-3 ini bisa kita dapatkan dari salmon, minyak biji ami dan juga kenari.

  • Suplemen omega-3,

Apa bila Ibu mengurangi makanan ikan karena takut akan kandungan merkuri yang ada dalam ikan, maka Ibu dapat mengkonsumsi suplemen omega-3 yang berbahan dasar sari minyak ikan asli dan alami yang aman dan baik bagi Ibu menyusui.

  • Protein,

Protein yang terkandung dalam susu, kedelai, ikan, dan daging sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan memberikan efek tenang pada otak. Untuk itu demi meningkatkan protein dalam tubuh Ibu maka cobalah untuk sarapan orak-arik telur, dan untuk makan siangnya bisa Ibu dapatkan dari daging sapi. Cemilannya anda dapat mengkonsumsi keju, yoghurt dan juga biskuit.

  • Air putih,
MENARIK:  Khasiat Madu Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Kondisi akan semakin buruk ketika Ibu mengalami dehidrasi. Gejala dehidrasi itu sendiri dapat berupa kecemasan dan kelelahan. Untuk mengurangi dehidrasi Ibu, maka biasakan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

  • Batasi konsumsi kafein,

Meminum 1-2 cangkir kopi setiap paginya akan membantu menaikan semangat beraktivitas. Akan tetapi jika Ibu meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein sepanjang harinya akan membuat Ibu menjadi sering lelah, gelisah, mudah tersinggung dan mood Ibu terganggu. Jika Ibu ingin sepenuhnya terbebas dari kafein, Ibu dapat menguranginya secara perlahan dan jangan lakukan secara drastis.

  • Dark chocolate,

Apabila Ibu diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, maka makanlah coklat. Dark chocolate dengan kualitas tinggi yang mengandung lebih dari 70% kadar cocoa, sangat baik dalam memperbaiki mood.

  • Sereal gandum,

Setelah melewati malam yang melelahkan, dengan mengkonsumsi sereal gandum di pagi hari dapat menambah energi untuk menjalani hari.

  • Sayuran hijau,

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis dan sayuran hijau lainya yang mengandung vitamin C dan zat besi yang kaya akan antioksidan.

  • Jeruk,
MENARIK:  Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu tubuh Ibu dalam menambah energi. Perempuan yang baru melahirkan lebih membutuhkan banyak vitamin C dibandingkan pada saat Ibu sedang hamil.


4 Komentar Pembaca untuk “Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Melahirkan

  1. buat ibu anik
    maaf ya,
    tlg di baca dgn teliti buk..,
    gak boleh konsumsi kopi kok
    thank buat yg menerbitkan artikel ini,smga brmanfaat

  2. Ƴɑ̤̥̈̊ªªɑ̤̥̈̊ªª. Ni jeruk juga gk bisa kan bagi anak ny yng lemah bisaa sakit prut,air putih juga gk bgus kann,,bagai mana di sini di perboleh kan???

  3. maaf kok itu infonya gak sama yahhh sama kenyataannnay,,,kebanyakan habis melahirkan gak boleh minum air putih dan kopi kok disini diperbolehkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...