Tips dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak

Tips dan Cara Mengobati Batuk Pada AnakCuaca yang saat ini kurang bersahabat mengakibatkan datangnya penyakit batuk pilek pada anak-anak.

Agar hal ini tidak menjadi tambah parah, maka diperlukanlah suatu penanganan agar batuknya sembuh.

Batuk itu biasanya disertai dengan pilek atau juga flu, jika batuk pilek ini dibiarkan begitu saja maka lambat laun akan berefek pada penyakit lainnya seperti demam, batuk berdahak serta hidung tersumbat. Dalam kondisi seperti ini pola istirahat sang anak pun akan menjadi sedikit terganggu.

Loading...

Bila sang anak sudah mengalami batuk pilek, segeralah ditangani agar tidak berdampak timbulnya segala macam penyakit lainnya. Sebab apabila sang anak sudah berada dalam kondisi itu pemulihan anak akan lebih lama.

Jika sudah dalam kondisi seperti itu, hal yang utama anda harus lakukan adalah dengan memberikan minum air hangat, hal ini bertujuan agar tarikan napas sang anak tidak terganggu.

Saat ini sudah banyak berbagai macam obat batuk yang beredar di pasaran, namun tidak semua kalangan menyukai obat obatan tersebut. Kebanyakan orang yang lebih memilih obat batuk tradisional untuk obat sang anak yang turun temurun dari nenek moyang.

MENARIK:  Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Salah satu obat batuk tradisional yang bisa dikonsumsi untuk anak anak adalah ramuan yang terbuat dari bahan dasar jeruk nipis atau kencur. Obat batuk tradisional ini juga dapat mencairkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Obat batuk yang terbuat dari bahan dasar jeruk nipis ataupun kencur ini sudah banyak sekali yang menggunakan dan hasilnya begitu bermanfaat.

Ramuan Obat Batuk Untuk Anak

Untuk membuat ramuan herbal obat batuk untuk anak sebenarnya tidak susah. Berikut ini adalah cara membuat ramuan obat batuk untuk anak Anda:

Ramuan Obat Batuk dari Jeruk Nipis

Pertama, ambilah 1 sendok makan hasil perasan jeruk nipis, kemudian campurkan dengan 5 sendokk makan air dan 3 sendok makan madu asli, lalu hasil campuran tersebut ditim ( bukan direbus) selama kurang lebih 30 menit.

Bagi anak anak yang berusia 6 bulan sampai dengan 1 tahun, berikanlah dosis hanya ½ (setengah) sendok teh dalam 2 kali sehari., sedangkan untuk anak yang berusia 1 tahun sampai dengan 3 tahun bisa diberikan 1 sendok teh dalam 2 kali sehari dan untuk anak usia 4 samapai dengan 5 tahun bisa deberikan 1½ (satu setengah) sendok the dalam 2 kali sehari.

MENARIK:  Gangguan Pencernaan Pada Saat Masa Kehamilan

Ramuan Obat Batuk dari Kencur

Selain dengan menggunakan bahan dasar jeruk nipis sebagai obat batuk tradisional untuk anak anda, anda juga bisa menggunakan kencur sebagai obat batuk anak Anda. Berikut ini adalah cara membuat ramuan obat batuk yang terbuat dari bahan dasar kencur:

Pertama ambilah 5gr (gram) kencur yang lalu kemudian anda haluskan dan campur dengan air putih, setelah itu air tersebut disaring dan campurkan 1 sendok makan madu lalu ramuan tersebut bisa anda berikan pada anak 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

####

Nah itulah beberapa tips cara mengobati batuk pada anak anda. Dan mulailah memperhatikan makanan yang dimakan sang anak. oleh karena itu, hindari makananan yang kehigenisannya belum terjamin, agar kuman dan bakteri tidak berkembang lagi dalam tubuh sang anak.

Selalu terapkan pola hidup sehat agar anak terhidar dari segala macam penyakit. Karena semua penyakit bisa datang dari pola hidp yang kurang sehat.  Semoga bermanfaat dan anak anda terhindar dari penyakit batuk dan lain lainnya.

MENARIK:  Tanda-Tanda Keguguran Ibu Hamil


9 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak

  1. saya lg coba pake rendaman nasi,,, katanya banyak yg berhasil setelah 3x minum… Tapi kalau ke pasar aku mau beli kencur, mau coba jg resep di atas… Semoga anak saya cepat sembuh… Kalau anaknya sembuh, kasih ke papanya lebih gampang, soalnya papanya paling susah dikasih yg menurutnya aneh… Padahal batuknya jg ga sembuh2…
    Btw, makasih ya resepnya…:)

  2. Saya blm pernah mncb…mdh2n anak saya cepat sembuh ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ dok….

    1. Dear bunda, sesuai pengalaman, lebih baik memberikan kencur dari pada jeruk nipis, memngingat kencur itu sifatnya menghangatkan, jd sy sendiri sh lebih menyukai memberi anak ramuan kencur+temulawak untuk anak. setelah itu baru minum madu terpisah, lebih ringkas masuk mulut ketimbang obt2 dari dokter… 🙂

      selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...