Tantangan Menjadi Orang Tua dari Anak-Anak Anda

www.ibudanbalita.netMenjadi orang tua adalah salah satu pengalaman terbesar yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Hidup anda tidak akan pernah sama lagi!

Membesarkan anak amat sangat menggairahkan dan juga memuaskan, tetapi kadang-kadang juga bisa menantang dan mencemaskan. Kita semua ingin mengetahui tentang kesehatan dan keselamatan anak-anak pada setiap tahap perkembangan, terutama ditahun-tahun awal.

Kita mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri apakah suatu penyakit itu serius atau mengancam jiwa. Kita juga memikirkan apakah kita mengetahui hal yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Kita mungkin juga bertanya-tanya mengenai perkembangan anak kita, walaupun kita tahu kita sebaiknya tidak membandingkannya dengan anak lain, baik didalam maupun diluar keluarga.

Semua anak mengalami sakit atau kecelakaan ringan pada tahap usia tertentu. Anak yang masih sangat kecil tidak bisa mengatakan apa yang mereka rasakan.

Hal ini tentunya bisa amat menakutkan bagi orang tua. Apalagi, selama tahun-tahun awal, gejala dan tanda yang sama bisa berbeda-beda artinya. Contohnya adalah muntah. Bayi dan anak amat mudah muntah untuk alsan-alasan yang sangat berbeda, sebagian sepele dan yang lainnya serius.

Jadi sebagai orang tua, bagaimana anda bisa mengetahui bahwa muntah kali ini adalah serius sementara muntah pada kesempatan lain tidak? Usia bayi atau anak anda dan gejala-gejala yang berkaitan amat penting untuk membantu anda memahami apakah suatu penyakit bisa anda tangani sendiri dirumah atau membutuhkan bantuan professional.

Namun, sama pentingnya atau bahkan lebih, anda perlu memperhitungkan pengetahuan anda terhadap bayi atau anak anda saat memperkirakan keparahan suatu penyakit. Naluri anda biasanya selalu benar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *